Macam macam DNS Server

DNS

1. Pengertian Domain
Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

2. Macam-macam Domain
com : perusahaan komersial
macam macam dns server
dns server
edu : badan pendidikan (misalnya universitas atau institut)
gov : lembaga pemerintahan non-militer
.mil.id : Khusus untuk Lembaga Militer Republik Indonesia
int : organisasi internasional
.ac.id : Untuk Lembaga Pendidikan
.id : Indonesia
.au : Australia
.jp : Jepang
.co.id : Untuk Badan Usaha yang mempunyai badan hukum sah
.go.id : Khusus untuk Lembaga Pemerintahan Republik Indonesia
.or.id : Untuk segala macam organisasi yand tidak termasuk dalam kategori “ac.id”,”co.id”,”go.id”,”mil.id” dll
.war.net.id : untuk industri warung internet di Indonesia
.sch.id : khusus untuk Lembaga Pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan seperti SD, SMP dan atau SMU
.web.id : Ditujukan bagi badan usaha, organisasi ataupun perseorangan yang melakukan kegiatannya di World Wide Web.
.Net : di gunakan untuk kepentingan network infrastruktur.
.Info : di gunakan untuk kepentingan informasional website.

Nama domain dari tiap-tiap situs di seluruh dunia tidak ada yang sama sehingga tidak ada satupun situs yang akan dijumpai tertukar nama atau tertukar halaman situsnya. Untuk memperoleh nama dilakukan penyewaan domain, biasanya dalam jangka tertentu(tahunan).

3. Pengertian DNS
DNS adalah singkatan dari Domain Name System, DNS itu adalah nama sebuah sistem database yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer, layanan atau sumber daya yang terhubung ke jaringan internet atau jaringan komputer pribadi.
DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surat elektronik (email) untuk setiap domain

4. Fungsi DNS

Fungsi DNS adalah menerjemahkan nama domain (contoh: www.google.com) menjadi IP address (74.125.93.105), kita tentu lebih mudah mengingat nama domain suatu situs dibandingkan IP address-nya bukan ? nah itulah kegunaan DNS.

5. DNS Nawala
DNS Nawala atau Nawala Nusantara adalah sebuah layanan yang bebas digunakan oleh pengguna internet yang membutuhkan saringan situs negatif. Nawala Nusantara akan membantu menapis jenis situs-situs negatif yang tidak sesuai dengan peraturan perundangan, nilai dan norma sosial, adat istiadat dan kesusilaan bangsa Indonesia seperti pornografi dan perjudian. Selain itu, Nawala Nusantara juga akan menapis situs Internet yang mengandung konten berbahaya seperti malware, situs phising (penyesatan) dan sejenisnya.
ip dns nawala :180.131.144.144
180.131.145.145

6. DNS Google
Google Public DNS adalah sebuah layanan DNS (Domain Name System) gratis yang diumumkan pada tanggal 3 Desember 2009, sebagai bagian dari usaha Google untuk membuat penggunaan World Wide Web lebih cepat.

7. Open DNS
OpenDNS adalah sebuah layanan resolusi Domain Name System (DNS) gratis yang tersedia untuk publik.

1 Response to "Macam macam DNS Server"

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Teknologi. Teknologi merupakan suatu ilmu yang sedang berkembang di zaman yang sudah maju sekarang ini. Saya memiliki beberapa tulisan sejenis mengenai Teknologi yang dapat dilihat di www.ejournal.gunadarma.ac.id

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan sopan. dan jangan meninggalkan SPAM

Follow by Email