Pengenalan UML

Saturday, December 28, 2013

Pengenalan UML



setelah saya pos mengenai pengenalan Algortima sekarang saya kan memberi penjelasan tentang uml haha, uml atau dikenal Unified Modeling Language (UML) belakangan ini merupakan skema representasi grafis yang banyak digunakan secara luas untuk pemodelan sistem berorientasi object. UML ini telah menyatukan berbagai skema notasi populer bersama−sama. Banyak yang merancang sistem mengunakan bahasa ini (dalam bentuk diagram) untuk memodelkan sistem mereka.

UML adalah bahasa grafis yang kompleks dan kaya dengan fitur. Salah satu model diagramnya adalah Activity Diagram. Dalam pembahasan algoritma ini, digram UML yang akan digunakan adalah activity diagram.
Sebuah activity diagram memodelkan aspek dari tingkah laku sistem. Activity  diagram memodel aliran kerja obyek (urutan aktivitas) selama eksekusi program. Activity  diagram adalah flowchart yang memodel aksi yang akan dikerjakan oleh obyek beserta dengan ordenya.


UML merepresentasikan aktivitas dengan simbol sebuah oval di dalam activity  diagram. Nama aktivitas diletakkan di dalam oval. Sebuah anak panah menghubungkan dua aktivitas yang menunjukkan orde dimana aktivitas dikerjakan. Lingkaran padat menunjukkan dimulainya aktivitas. Percabangan ditunjukkan dengan sebuah jajaran genjang dan lingkaran padat dan ditambah dengan lingkaran di luarnya menandakan akhir dari aktifitas.
haha sekian dulu dari saya semoga bermanfaat :)

referensi : Modul Praktikum Akako Yogyakarta

 

0 komentar :

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan. dan jangan meninggalkan SPAM