Aturan penulisan notasi algoritma

Monday, January 13, 2014

Aturan penulisan notasi algoritma


Bagi kalian semua yang lagi belajar algoritma dan pograman tentu saja kalian harus tau dong aturan penulisan algoritma tersebut, oleh sebab itu saya bakalan kasih penjelasan untuk kalian semua tentang aturan penulisan notasi algoritma tersebut.
Penulisan algoritma tidak tergantung dari spesifikasi bahasa pemograman dan komputer yang mengeksekusinya melainkan bersifat umum tetapi notasi notasi algoritma dapat di terjemahkan ke dalam berbagai bahasa pemograman.
Notasi algoritma dapat berupa :
1. Uraian kalimat deskriptif (narasi)
Instruksi pada algoritmA dapat di tuliskan dalam bahasa sehari hari (b.indonesia, b.inggris, b.sunda, dll, termasuk bahasa isyarat, hehe :D). Tidak ada aturan yang baku untuk menuliskan algoritma dalam bentuk notasi ini, tetapi penulisan algoritma menggunakan notasi ini dapat menbulkan ambiguitas.
2. Bagan alir (flow chart)
Instruksi instruksi pada algoritma di gambarkan secara grafis (menghasilakn sebuah bagan) menggunakam simbol simbol tertuntu dengan aturan aturan masing masing. Tergantung simbol yang di gunakannya.
3. Pseudo - code
Penulisan teks algoritma dengan pseudo-codeenggunalam notasi notasi tertentu yang mendekati bahasa pemograman sehingga lebih mudah di translasikan kedalam bahasa pemograman.
Demikian penjelasan aturan dalam penulisan notasi algoritma dari saya, semoga bermanfaat buat kaloan semua.

0 komentar :

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan. dan jangan meninggalkan SPAM