Definisi Akuntansi Manajemen

Thursday, January 23, 2014

Definisi Akuntansi Manajemen


Kemajuan yang cepat di bidang akuntansi manajemen pada akhir akhir ini, mendorong para ahli dan pakar teori  akuntansi baik perorangan maupun dalam bentuk lembaga manajemen akuntansi untuk merumuskan definisi definisi tentang manajemen akuntansi.
Definisi manajemen akuntansi dan profesi akuntansi manajemen ini masa yang akan datang. Karena belum adanyakesepakatan yang umum diterima mengenai definisi manajemen, maka disini saya akan menjelaskan tentang tentang para teoritis di berbagai bidang akuntansi baik perorangan maupun dalm lembaga kelompok manajemen akuntansi tersebut. untuk lebih jelasnya bisa di liha di bagian bawah ini.

Keterangan dari Charles T. Homgren (1993, hal.4) definisi Manajemen akuntansi diartikan sbg:


"Manajemen akuntansi  adalah proses identifIkasii, pengukuuran, akumulasii, analisaa, penyiapann, penafsiran, dan komunikasi tentang informasiyang membantu masing-masing seseorang ataupun lembaga untuk memenuhi tujuan organisasi tersebut".

Pengertian manajemen akuntansi tersebut menceritakan bahwa sebuah informasi yang disajikan manajemen akuntansi  harus sesuai bidang, artinya sebuah informasi tsb harus sesuai dengan masalah yang dihadapi sebuah organisasi tersebut. Untuk mendapatkan sebuah informasi yang relevan danjelas harus melalui prosesiden tifIkasi, pengukuran, akumulasi, analisa, penafsiran dan kemudian dilaporkan kepada manajer yang bersangkutan, sehingga manajer tersebut dapatmengambil keputusan dengan tepat.oleh sebab itu ketelitian sangatlah penting.

Definisi akuntansi manajemen yang mempunyai lingkup luas diberikan oleh Managemen Accountng Practicess (MAP)  Comite yang dibentuk oleh National Association of Accountant (NAA) seperti yang dikutip RA Supriyono 1993, hal.8 yang berkata sebagai berikut :

" Akuntansi manajemen adalah proses identifikasi, pengukuran, pengumpulan, analisis, penyiapan,dan komunikasiinformasifinansial yang  digunakan  oleh manajemen untuk merencanakan,mengevaluasi, mengendalian  di dalam suatu organisasi tsb, serta untuk menjamin keakuratn penggunaan  sumber sumber dan pertanggungjawaban atas sumber sumber tsb.  tidak hanya itu Akuntansi manajemen juga dapat meliputi penyiapan laporan finansial untuk kelompok-kelompok non manajemen seperti misalnya para pemegang saham, para kreditur, lembaga-lembaga pengaturan,dan  penguasa perpajakan".

Definisi akuntansi manajemen diatas merupakan  definisiakuntansi manajemen yang seharus nya ada atau apa yang dicita-citakan (nonnatif) dan tidak menjelaskan tentang akuntansimanajemen yang ada sekarang (positif). Akuntansi manajemen menurutkomite MAP tidak hanya menyediakaninfonnasi untuk pihak inter perusahaan tetapi juga untuk paraekstem.Informasi finansial yang telah di identifikasikan dan dianalisis oleh akuntan manajemen digunakan oleh manajemen untuk perencanaan, evaluasi, pengendalian dan sebagai pertanggung jawaban atas penggunaan sumber-sumber yangada dalam perusahaan. Definisi akuntansi manajemen yang ada sekarang (positif)  dikembangkan oleh sebuah lembaga profesi yang sangat berpengaruh di Amerika Serikat yaitu American Accounting Association (AAA).Definisi akuntansi manajemen dituangkan dalam bentuk suatu pernyataan dalam American Statement of Basic Accounting Theory (ASOBAT), seperti yang dikutip oleh RA Supriono (1987, hal.20) berbunyi  sebagai berikut :

"AkuntansiManajemen adalah penerapan teknik-teknik dan konsep-konsep yang tepat dalam pengolahan data ekonomihistorikaldan yang diproyeksikan dari suatu satuan  usaha untuk membantu manajemen dalam menyusun  rencana untuk tujuan-tujuan ekonomi yang rasionaldan dalam membuat keputusan kkeputusan rasional dg suatu pandangan ke arab pencapaian
tujuantersebut".


Untuk dapat mengetahui lebih jelasnya bisa lihat di bawah ini :
Akuntansi dan Akuntansi Manajemen

0 komentar :

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan. dan jangan meninggalkan SPAM