Google membantah pake android harus bayar

Monday, January 27, 2014

Google membantah pake android harus bayar


Apakah anda mengetahui android? ya, pasti setipa orang sekarang ini tau akan apa yang namanya android. oleh sebab itu saya akan membahas tentang vendor android yang merasa membayar sejumlah uang untuk mendapatkan lisensi google mobile services (GMS)
Berikut informasi yang saya dapatkan dari sumber kompas dot com, dan akan saya ulas sedikit untuk anda.

google mengeluarkan pernyataan yang membantah bahwa vendor smartphone android harus membayar sejumah uang yang sangat besar untuk mendapatkan lisensi google mobile services (GMS).Sebelumnya diberitakan bahwa Google menarik biaya lisensi GMS yang beragam dan berbeda beda tentunya.

seperti yang dilansir dalam  harian The Guardian yang sebelumnya melaporkan bahwa pihaknya memiliki narasumber yang mengatakan bahwa Google memungut bayaran 75.000 dollar AS untuk tiap 100.000 unit lisensi GMS.

dalam Sumber The Guardian tersebut juga menyoroti praktek percaloan yang dilakukan oknum Google dalam memberikan lisensi GMS.

Namun dikutip dari Android Authority, Minggu (26/januari/2014), Google dengan tegas membantah pemberitaan tersebut dan menyebut berita yang dirilis The Guardian tidak benar.

Walau Google mengatakan tidak meminta bayaran sepeser pun untuk lisensi GMS, tetapi Google tidak memberikan pernyataan lebih lanjut. Kemungkinan biaya yang disebut oleh sumber The Guardian adalah menyangkut kontrak atau perjanjian lain dengan Google.

Lisensi Android memang terbagi dua sejak lama. Mereka adalah "The Android Open Source Project" yang membolehkan vendor produsen menggunakan Android secara gratis dalam perangkatnya.

Satu lagi adalah "Google Mobile Service" yang memberikan akses kepada layanan Google Play dan aplikasi buatan Google, seperti Maps dan Gmail bagi produsen yang setuju dengan persyaratan yang ditentukan Google.

Beberapa tahun belakangan Google mendapat sorotan karena memindahkan lebih banyak API dan aplikasi penting ke dalam proyek Google Mobile Service mereka yang sifatnya lebih tertutup.
data berikut di ambil dari sumber tekno.kompas.com
semoga bermanfaat.

0 komentar :

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan. dan jangan meninggalkan SPAM