Pengertian Akuntansi dan Akuntansi Manajemen

Sebelum saya membahas tentang akuntansi manajemen, ada baiknya kita membahas tentang akuntansi itu sendi . Akuntansi  mempunyai peranan yang sangat penting dalam dunia usaha, mulai dari badan usaha kecil yang tidak mencari keuntungan sampai pada perusahaan besar yang mencarikeuntungan membutuhkan informasi akuntansi yang  digunakan sebagai alat perencanaan, pengawasan maupun sebagai dasar pengambilankeputusan.Dilihatdari pengertianakuntansi itusendiri mempunyai banyakdefinisi seperti yangselama ini dikenal.Hal ini karenaluasnya ruang lingkup dari kegiatan akuntansi akibatnya antara definisi yang satu dengan definisi yang lainnya terdapat perbedaan penekanannya.Walaupun demikian definisi-definisi terebut telah memberikan pengertian definisi akuntans iyang menekankan fungsi  akuntansi sebagai sumber informasi.

Di pandangdari segi aspek informasi menurut R.A. Supriyono (1993, hal.18)

akuntansi dapat didefinisikan sebagai berikut :


"Akuntansi adalah  aktivitas yang menghasilkan jasa yaitu berfungsi menyajikan informasi kuantitatif yang pada dasarnya bersifat keuangan dari suatu satuanusaha atau organisasi tertentu, informasi tersebut akandapat dipakai oleh pihak eksternal maupunpihak internaluntukpengambilan keputusan dengan memilih beberapa alternatif”.

Definisi di atas menjelaskan tentangfungsi akuntansi sebagai sumber informasikeuangan yang dibutuhkan oleh pihak eksternaluntukpengambilan keputusan,dan informasikeuangan tersebut digunakan oleh pihak internaluntuk pengambilankeputusandalam pemilihanalternatif. Akuntansi manajemen timbulkarena akibat adanya kebutuhan akan informasi akuntansiyang dapat membantu manajemen dalam memimpin suatu perusahaan yangsemakinbesar dansemakinkompleks.

Akuntansi manajemen merupakan suatu sistem informasi yang mana dengan informasi ini manajemen dapat mengambilkeputusan-keputusan dalam hal memimpin selia mengendalikan kegiatan-kegiatan perusahaan. Seorang manajer harus dapat menjabarkan teorimanajemen dan teoriteori lainnya dalam bentuk angka-angka yangnyata, sehingga manajemen dapat menganalisa dan menginterprestasikan  angka-angka tersebutdalamrangka pengambilan keputusan. Dengan demikian pengertian lain dari akuntansi manajemen adalah bagaimana menggunakan data yang tersediauntuk tujuan pengambilan keputusan.

Dalam rangka pengambilan keputusan manajemen harus memper timbangkan tindakan-tindakan alternatif. Oleh karena itu akuntan manajemen harus menyediakan data-data yang cukup lengkaptentang perhitungan masing-masing altematif, dan yang akan dipilih tentunya altematif yang memberikan keuntungan lebih besar bagi perusahaan. Dalam hal ini akuntan manajemen akan mencatat dan mengwnpulkan data-data yangada diperusahaan baikdata moneter maupunnon moneter dan juga data-data di luar  perusahaan, sehingga apabila manajer membutuhkan data yan gdimaksud dapat dengan segera dipenuhi.

Dalam akuntansi manajemen, informasi atau laporan yang sudah daluwarsa tidak berguna lagi, laporan yang ada pada waktunya meskipun tidak komplit lebih baik dari laporan yang lengkap tetapi telah kadaluwarsa. Pentingnya laporan yang aktual initerutama untuk melakukan tindakan koreksi yang harus dilaksanakan sebelurn kesalahan-kesalahan menjadi serius.

Beberapa pengertina tentang sistem informasi dapat di baca disini :
Kumpulan pengertian sistem informasi baik akuntansi maupun manajemen

0 Response to "Pengertian Akuntansi dan Akuntansi Manajemen"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan. dan jangan meninggalkan SPAM

Follow by Email