Pengertian Bahasa Pemograman

Saturday, January 18, 2014

Pengertian Bahasa Pemograman



Bagi kalian yang ingin menjadi programmer tak ada salahnya jika saya membahasa tentang bahasa pemograman disini, yang tentunya bahasa pemograman ini sangatlah penting bagi kalian semua yang ingin ikut serta atau berkecimbung di dunia IT, oke langsung saja.

Bahasa pemerograman adalah istilah yang menerangkan bahasa yang dapat dimengerti oleh komputer. Dalam dunia komputer,dikenal 2 jenis bahasa pemerograman,yaitu bahasa pemerograman tingkat tinggi dan bahasa pemerograman tingkat rendah.

Sebuah bahasa pemerograman atau bahasa komputer diartikan sebagai teknik komunikasi yang terstabdardisasi untuk menyatakan insruksi kepada komputer. Bahasa pemerograman adalah kesatuan aturan sintaksis dan semantik yang digunakan untuk mendefinisikan program. Sebuah bahasa pemerograman memungkinkan programer  untuk menentukan secara tepat apa yang harus dilakuakan oleh komputer,cara mengatur transfer data,infut-outfut dan kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan dalam berbagai keadaan ( http:// en.wikimedia.org)

Pemerograman tingkat rendah merupakan bahasa pemerograman yang sulit dimengeti oleh manusia, sedangkan bahasa pemerograman tingkat tinggi lebih mudah dipahami oleh manusia. Contoh dari pemerograman tingkat rendah adalah Assembly, dan contoh bahasa pemerograman tingkat tinggi adalah C dan Pascal.

Perkembangan teknologi yang sangat cepat menghasilkan berbagai kebutuhan komputasi yang eraneka ragam. Oleh karana itu, muncul berbagai bahasa pemerograman yang berguna untuk memecahkan berbagai macam masalah dengan bantuan komputer. Tiap-tiap bahasa pemerograman pada umumnya diciptakan untuk kondisi yang berbeda-beda. Tidak ada satu bahasa pemerograman pun yang bisa dikatakan unggul secara mutlak sebab bahasa tersebut diciptakan dengan asumsi-asumsi tertentu dan berjalan diatas sistem operasi atau persyaratan tertentu.


0 komentar :

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan. dan jangan meninggalkan SPAM