Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian dan penjelasan GPRS

Para pembaca di tengah (tadinya pas nulis tengah malam baru ke publish siang ) malam sperti ini sepertinya tangan saya gatal untuk ngetik hehehe. Pada tulisan kali ini kita akan memberikan informasi bagi yang membutuhkan maupun tidak, langsung saja tidak usah berteletele ini dia
GPRS (General Pocket Radio Service) adalah suatu teknologi yang memungkinkan pengiriman dan peenerimaan data lebih cepat jika di bandingkan dengan penggunaan teknologi Circuit Switch Data atau CSD.
Sistem GPRS dapat digunakan untuk transfer data (dalam bentuk paket data) yang berkaitan dengan e-mail, data gambar (MMS), dan penelusuran (browsing) internet. Layanan GPRS dipasang pada jenis ponsel tipe GSM dan IS-136, walaupun jaringan GPRS saat ini terpisah dari GSM. Dalam teorinya GPRS menjanjikan kecepatan mulai dari 56 kbps sampai 115 kbps, sehingga memungkinkan akses internet, pengiriman data multimadia di komputer, notebook dan hendhled computer. Namun, dalam implementasinya, hal tersebut sangat tergantung faktor-faktor sebagai berikut:

Konfigurasi dan alokasi time slot pada level BTS.
Software yang dipergunakan.
Dukungan fitur dan aplikasi ponsel yang digunakan. Ini menjelaskan mengapa pada saat-saat tertentu dan di lokasi tertentu akses GPRS terasa lambat, bahkan lebih lambat dari akses CSD yang memiliki kecepatan 9,6 kbps.
Komponen - komponen utama jaringan GPRS  adalah :
1. GGSN (Gateway GPRS Support Node): gerbang penghubung jaringan GPRS ke jaringan internet. Fungsi dari komponen ini adalah sebagai interface ke PDN (Publik Data Network), informating routing, network screening, user screening, address mapping.
2.  SGSN (Serving GPRS Support Node): gerbang penghubung jaringan BSS/BTS ke jaringan GPRS. Komponen ini berfungsi untuk mengantarkan paket data ke MS, update pelanggan ke HLR, registrasi pelanggan baru.
3. PCU: Komponen ini level BSS yang menghubungkan terminal ke jaringan GPRS.
GPRS menggunakan sistem komunikasi packet switch sebagai cara untuk mentransmisikan datanya. Packet switch adalah sebuah sistem dimana data yang akan ditransmisikan dibagi menjadi bagian-bagian kecil (paket) lalu ditransmisikan dan di ubah kembali menjadi data semula. Sistem ini dapat mentransmisikan kribuah bahkan jutaan paket perdetik. Transmisi dilakukan melalui PLMN (Public Land Mobile Network) dengan menggunakan IP backbone. Karena memungkinkan untuk pemakaian kanal transmisi secara bersamaan oleh pengguna lain maka biaya akses GPRS, secara teori, lebih murah daripada biaya akses CSD.

Posting Komentar untuk "Pengertian dan penjelasan GPRS"