Sekilas pengertian tentang bahasa pascal

Para pembaca perkenalkan saya admin baru ga usah disebutin lah namanya bisi terkenal hehe :D. Pada malam ini saya akan memperkenalkan sekilas tentang pengertian bahasa Pascal walaupun sudah jadul tapi bahasa pemograman ini banyak dipelajari di perguruan tinggi sebagai pengaplikasian dari mata kuliah algoritma dan pemograman. Tanpa basa-basi lihat dibawah ini .



Pengenalan Pascal: 

     Pascal adalah bahasa pemrograman yang pertama kali di buat oleh Profesor Niklaus Wirth, seorang anggota International Federation of Information Processing (IFIP) pada tahun 1971.
Dengan mengambil nama dari matematikawan Perancis, Blaise Pascal, yang pertama kali menciptakan mesin penghitung, Profesor Niklaus Wirth membuat bahasa Pascal ini sebagai alat bantu untuk mengajarkan konsep pemrograman komputer kepada mahasiswanya. Selain itu, Profesor Niklaus Wirth membuat Pascal juga untuk melengkapi kekurangan-kekurangan bahasa pemrograman yang ada pada saat itu.
     Bahasa pemprograman ini termasuk kategori “High Level Language”. Instruksi-instruksi yang digunakan dalam bahasa pemprograman ini sangat sistematis dan terstruktur. Pada awalnya bahasa pemrograman ini diperkenalkan dengan tujuan untuk menjelaskan masalah pemrograman komputer bagi mahasiswa yang belajar pemrograman komputer. Ternyata dalam waktu singkat, bahasa pemrograman ini menjadi salah satu bahasa yang sangat populer dikalangan universitas, sehingga menjadi julukan sebagai bahasa universitas. Belajar Pascal sendiri tentu ada langkah – langkah awal memulainya, yang ingin saya tunjukkan disini adalah beberapa software yang bisa digunakan untuk membantu anda dan juga beberapa referensi atau tutorial Pascal.
Mulai dari awal perkembangannya hingga saat ini banyak sekali jenis bahasa pemrograman ini, masing-masing merupakan hasil pengembangannya, antara lain :
•    UCSD Pascal
•    Microsoft Pascal
•    Apple Pascal
•    Turbo Pascal
•    Dan lain sebagainya.
     Diantara versi-versi yang ada, Turbo Pascal merupakan versi yang sangat populer saat ini. Walaupun nama Pascal sendiri sering dikonotasikan bahasa pemrograman yang kuno karena tampilannya masih menggunakan DOS, tapi hal ini merupakan salah kaprah karena biasanya software yang digunakan untuk mengajar adalah TurboPascal.
Salah satu bahasa pemrograman terpopuler di Indonesia adalah Delphi yang merupakan salah satu dialeknya atau variasi dari bahasa Pascal itu. Jadi Pascal sendiri masih dapat disebut sebagai bahasa pemrograman yang modern.


referensi http://id.wikipedia.org/wiki/Pascal._%28bahasa_pemrograman%29

0 Response to "Sekilas pengertian tentang bahasa pascal"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan. dan jangan meninggalkan SPAM

Follow by Email