Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kisah Sejarah Di balik Logo apple

Mungkian kalian semua pernah tau tentang apple atau setidaknya pernah mendengar kata apple tersebut, tetapi bukan buah apple yang ada di pasaran tentunya. melainkan apple perusahaan yang bergerak di bidang IT yang terkenal dengan gadget nya yang secara umum memiliki penampilan yang casual dan menjadi lebih tampan atau lebih cantik untuk penggunanya, hehe.
tapi tahukah anda? apple tersebut mempunyai kisah dan mitos tersendiri di balik logo apple tersebut.
lantasa apa saja kisah dan mitos tersebut. oke saya akan jelaskan.

Pada awal munculnya perusahaan Steve Jobs dan Steve Wozniak, bersama sama mereka memikirkan nama untuk perusahaan mereka tersebut. Stive Jobs mempunyai keinginan sebuah nama yang sederhana. Sementara itu stive Wozniak menginginkan nama itu terdengar keren dan bernuasa elektronik.

 setelah itu stive Wozniak lalu mengusulkan nama “Enterprise Computers.”

Namun stive jobs memantahnya, "tidak" kata Jobs, stive Jobs tak suka nama tersebut, dia sangat menolak dengan keras. “Tidak boleh berbau StarTrek.” Lalu Ia memacu laju mobil yang sedang dikendarai, mengancam akan menabrakannya ke pohon jika sampai nama itu dipakai.

 “Baiklah… baiklah… Pelan-pelan,” kata stive Wozniak.

Setelah itu stive Jobs melambatkan laju mobilnya. dIa menegaskan perusahaan itu butuh nama yang saat seseorang melihatnya, dia ingin membeli produknya. semtelah itu Hening sejenak, dan terlontar lah nama “Apple.”

 Stive Wozniak terkejut. “Apple? Seperti buah?”
“Buah dari kreasi, Apple. Itu sederhana, tapi kuat.” Kata stive Jobs

Demikian lah salah satu adegan di film "Jobs," dimana ke-dua pendiri Apple itu berdebat untuk memilih nama perusahaan mereka. Nama itu disepakati stive Jobs dan stive Wozniak saat keduanya dalam perjalanan menghadiri Homebrew Computer Club, yang kala itu digelar di Stanford University, dan dihadiri oleh para ahli komputer di California, AS. Disana lah, Stive Wozniak mempresentasikan konsep komputer buatannya pertama kali

Sementara itu, Dalam sebuah jumpa pers tahun 1981, ada pertanyaan yang sangat besar dari jurnalis tentang mengapa Stive Jobs memilih nama Apple. Untuk sebuah pertanyaan ini ia menjawab, “Saya sangat suka apel dan suka memakannya. Tapi dalam gagasan utama di balik Apple adalah membawa kesederhanaan kepada masyarakat pada umumnya, dengan cara yang paling canggih da modern, dan itu saja, tidak ada yang lain.”

Meskipun hanya menggunakan nama Apple, namun logo apple tersebut pertama perusahaan sama sekali tidak menggambarkan bentuk fisik buah apel.
melainkan sebagai berikut.

logo apple pertama
Logi apple pertama kali di buat oleh Wayne
Logo pertama ini dibuat oleh Ronald Wayne, adalah salah seorang yang turut mendirikan Apple di masa awal pada 1976, yang sejak itu hendak merepresentasikan hukum gravitasi yang terinspirasi dari buah apel tersebut.

Logo tersebut dengan warna hitam putih itu menggambarkan Sir Isaac Newton sedang duduk di bawah pohon apel tersebut, lengkap dengan latar belakang yang indah. Di atas Newton, ada buah apel yang dikelilingi cahaya putih, terjatuh, dan seakan memberi inspirasi kepadanya tentang hukum gravitasi.

Semua elemen gambar itu dibingkai dengan garis tipis, yang di dalamnya terdapat teks,
“Newton… A mind forever voyaging through strange seas of thought… alone.” Ada pula hiasan banner bertuliskan Apple Computer Co., yang melilit bingkai tersebut.

tetapi, pemakaian logo ini tak bertahan lama.






Stive.Jobs, yang mengambil banyak peran di Apple untuk urusan desain, memilih untuk menjelajahi sesuatu yang baru dan unik untuk logo apple tersebut, sesuatu yang berbeda dari yang lain. Logo tsb pertama dinilai sulit di gunakan untuk mereproduksi gambar dalam ukuran kecil, dan logo itu dinilai tidak harmonis dengan komputer Apple yang terkesan modern.

Setelah itu stive Jobs ingin nama dan logo Apple seakan menyatu.

Tak lama kemuadian stive Jobs di pertemukan dengan desaigner bernama Rob Janoff pada Januari 1977. waktu itu, Janoff bekerja sebagai art director di perusahaan humas Regis McKenna, Inc (RMI) yang berbasis di California. Regis McKenna, yang tak lain adalah pendiri RMI, adalah teman dari Mike Markkula, seorang investor awal Apple.

Dimulai dengan Apple

Mungkin anda semua pernah bertanya Mengapa yang dipilih adalah Rob Janoff ? Rob Janoff dikenal memiliki kemampuan mendefinisikan konsep konsep abstrak menjadi bentuk visual. Salah satu pesan Stive Jobs kepada Janoff adalah, “Jangan membuatnya terlihat lucu.”
rob janoff tahun 1977
Robb Janoff th, 1977

Sesudah pertemuan tersebut, Robb Janoff mulai menggambar dengan tangannya sendiri, mendefinisikan konsep, dan membayangkan bentuk buah apel yang nyata secara keseluruhan.

Setelah itu Terciptalah sebuah desain ilustrasi tunggal namun menarik, menggambarkan bentuk apel yang sederhana, lengkap dengan daun kecil yang menganbang di atas buah apel tersebut. Penambahan pola gigitan pada samping kanan buah di dasari atas alasan visual, agar buah itu terlihat seperti apel, bukan ceri, bukan pula tomat.

Pola gigitan pada buah apel tersebut di pandang Robb Janoff akan dialami semua orang dan lintas budaya. Jika seseorang memiliki apel, maka ia akan menggigit dari samping dan mereka akan mendapatkan hasilnya, dalam hal ini daging buahnya.

Sementara itu Salah seorang direktur kreatif di kantor RMI, memberi tahu kepada Rob Janoff bahwa kata “Bite” yang berarti gigitan, pengucapannya sama seperti “Byte,” yaitu sebuah unit informasi digital dalam sistem komputasi dan telekomunikasi.

desain logo apple
ilustrasi pembuatan logo apple karya rob janoff
Sementara itu, Rob Janoff yang tidak memahami istilah dasar komputer terkejut mendengar penjelasan itu . “Yah, Anda tahu, bahwa ada istilah komputer yang disebut 'Byte'. Jadi, rasanya ini seperti sempurna,” tutur Rob Janoff.

 Tak hanya itu, dalam situs web resmi Rob Janoof, ia mengaku seluruh proses desain logo Apel hanya membutuhkan waktu dua pekan, sejak awal pertemuan hingga presentasi desain terakhir.

Saat mem-presentasikan desain logo apel tersebut,Rob Janoff bertemu dengan Stive Jobs, stive Wozniak, dan Markkula. dIa menyajikan dua versi logo apple, satu tanpa gigitan, dan satu dengan gigitan. Rob Janoff juga menawarkan beberapa versi warna, yaitu warna solid, metalik, dan versi bergaris.

Pada kesempaan selanjutnya saya akan posting mengenai mitos di balik kata dan logo apple tersebut, jadi natikan artikel dari saya selanjutnya :D
Untuk mengetahui berita teknologi lainnya klik di bawah ini
semua berita teknologi informasi dan komunikasi

Posting Komentar untuk "Kisah Sejarah Di balik Logo apple"