Langkah Awal meniti karir dari "ITB Career Day"

Sunday, May 4, 2014

Langkah Awal meniti karir dari "ITB Career Day"


Mungkin artikel ini akan bermanfaat bagi kalian semua khusunya yang baru atau mau lulus kuliah.
Kemana setelah lulus kuliah?
Pertanyaan tersebut seringlah muncul di benak mahasiswa, bahkan yang masih duduk di bangku kuliah. para orang tua pun tak kalah gusar untuk memikirkan masa depan anaknya agar tak hanya menjadi pengangguran berijazah.

Add caption


Dari data Badan pusat ststistik (BPS) yang dirilis tahun lalu, jumlah sarjana yang menganggur di indonesia ada 360.000.000 orang. bila di bandingkan dengan total jumlah pegangguran yang mencapai 7,17 juta orang. persentase sarjana menganggur mencapai 5,04%.
Oleh karena itu, sejak masih di bangku kuliah pun, mahasiswa dan orang tua harus mulai menata rencana untuk karir yang kana di jalani di depan. salah satu cara yang bisa di temuh adalam mencari informasi yang sebanyak banyaknya mengenai beragam perusahaan dan ikut mencoba bernbagai peluan karir seperti yang di gelar itb career day atau titian karir terpadu ITB di tahun 2014 ini.

Kegiatan ini di gelar selama 3 hari Jumaat 2/5/2014 sampe hari minggu 4/5/2014 dai aula timur dan aula barat kampus institut teknologi bandung. jalan ganesha kota bandung. Titian karir terpadu ini di ikuti oleh 48 perusahaan yang juga membuka perekrutan untuk latar belakang jurusan teknik maupun sosial.

Menurut afrilia anggraeni, slaha seorang salah seorang panitia titian karir ITB Career day tersebut, kegiatan otu di sebut terpadu karena menintegrasikan aktivitas promosi., pameran, persentasi, dan pererutan dalam satu kesatuan wadah. kegiatan ini di manfaatkan memberikan manfaat yang sangat maksimal bagi para peniti kerja maupun para perusahaan atau institusi serta bagi civitas academica ITB.

"Titian karir terpadu di naksudakan untuk memfasilitasi terjadinya interaksi langsung antara masyarakat industri maupun masyarakat akademik untuk memperkuat probabilitas link dan match. untuk mendapatkan tenaga professional yang di butuhkan, masyarakat industri dapat melakukan promosi, baik dalam bentuk info desk, pameran, maupun persentasi dan diskuso perekrutan." Ujarnya.

Sekarng ini ada banyak perusahaan yang menpromosikan profilnya dangan tujuan ada orang yang berminta bergabung dengan perusahaan tersebut. perusahaan yang akan persentasi di aula timur itb adalah PT. Paragon technology & innovation, astra group, april group, mark plus inc, coconco philips indonesia, dan Veritrans, semntara di aula barat antara lain PT. Pertamina (Persero), Toko[edia, Prasetya Mulya BUssines Schoool, dan kementrian keunagan RI.

Dan Pada hari ini, bebertrapa persentasipun aka di lakukan beberapa lembaga atau perusahaan. diantaranya badan pengajian dan pengkajian teknologi, Pt. Bangk Mandiri (persero) tbk, Berniaga dit Com, ASean Career Fair with japan, Pt cabolt indonesia dll.
Dikatakan oleh Afrilia kegiatan itb Career center, lembaga kemahasiswaan ITB, itu menyasar mahasiswa dan alumni itb itu sendiri. namun, kegiatan itu jga terbuka untuk mahasiswa ataupun alumni dari prguruan tinggi lainbaik PTN maupun PTS.

Titian karir Terpadu ITB pertama kali di selenggarakan pada tahun 1998. Mulai 2011, Titian karir Itb mulai dilaksanakan dua kali dalam setahu. Jumlah perusahaan yang berpartiifasi serta pengunjung pun terus meningkat dari tahun ke tahun. Peningkatan tersebut mulai signifikan pada oktober 2012 yang mencatat jumlah peserta mencapai 74 perusahaan dengan pengunjung lebih dari 20.000 orang.

Demikian informasi yang saya bisa sampaikan semoga bermanfaat bagi kalian yang membaca, terimakasih.


Sumber : Pikiran Rakyat 03/05/2014

0 komentar :

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan. dan jangan meninggalkan SPAM