Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Surat Permohonan Onno w. Purbo ke Mendiknas Untuk Kemajuan ICT

Onno w purbu surat untuk Mendiknas
Onno W. Purbo
Siapa sih yang ga kenal dengan nama ini "Onno W. Purbo", dia adalah seorang tokoh teknologi informasi dari indonesia yang sangat terkenal dengan tulisan maupun perkataan nya, pak onno w purbo sendiri sangatlah pengertian terhadapa kemajuan bangsa ini untuk masa depan yang lebih baik dan maju. pada saat ini pengguna internet sangatlah banyak hampir di seluruh dunia ini semua terhubung ke jaringan internet apalagi pada tahun 2015 pengguna internet akan melebihi 1000.juta pngguna internet. oleh sebab itu sangatlah penting di era saat ini untuk memajukan bangsa kita di bidang ICT. Tetapi pak onno w. purbo merasa prihatin terhadap perkembangan ICT di indonesia itu sendiri terhadapa guru TIK yang kebanyakan melenceng dari jurusan atau bidang ke ahliannya itulah yang pak onno kecewakan.
Mungkin ada baiknya saya lampirkan surat cinta dari pak onno W. Purbo ke Mendiknas.

Berikut pernyataannya :

Jakarta, 30 April 2014

Kepada Yth.
Prof. Mohammad Nuh Menteri Pendidikan Nasional di Senayan, Jakarta

Assalamualikum Wr. Wb.

Saya prihatin dengan TIK (ICT) di Kurikulum 2013, apalagi setelah berdiskusi dan bertemu dengan guru-guru TIK dari berbagai daerah di Seminar AGTIKKNAS di Gedung A Senayan tanggal 26 April 2014 yang lalu.

Saya melihat guru TIK & TIK di sekolah sebagai kunci dan aset yang sangat strategis untuk bangsa Indonesia ke depan. Khususnya untuk memenuhi hak azasi bangsa menjadi pandai dan dapat mengeksplorasi pengetahuan tanpa di batasi oleh struktur sekolah, ruang kelas, bangunan dan waktu. Ini penting karena sistem pendidikan konvensional, hanya mampu menjamin 10% dari bangsa menjadi sarjana. 90% lainnya harus gigit jari karena dibatasi oleh ruang, waktu dan biaya.

Saya bermimpi agar ada pemberdayaan guru TIK untuk mentransformasikan sekolah menjadi e-learning / e-school tanpa menjadikan para guru TIK sebagai sales tanpa dibayar oleh vendor software proprietary yang tidak open source. Ini sangat penting agar bangsa ini menjadi Berdaulat dan Merdeka tidak di jajah software proprietary yang tidak open source. Semoga keberadaan e-school bisa membantu menaikan throughput pendidikan agar anak kita yang masuk SD dapat jaminan menjadi sarjana 16 tahun kemudian.
Saya prihatin mendengarkan cerita guru TIK yang harus menjelma menjadi guru BK, guru-guru mapel lain, bahkan menjadi jajaran birokrasi di Dinas. DIKNAS kehilangan aset yang luar biasa dan harus memulai banyak hal dari NOL jika ini dibiarkan. DIKNAS harus cepat mengubah arah gerakan ini agar fondasi pendidikan tidak goyah dan mampu untuk mendukung perubahan bangsa menuju knowledge based society.
Usulan penguatan fondasi pendidikan yang terkait TIK adalah:
  1. Mata Pelajaran TIK tetap di pertahankan. Lebih baik lagi jika di kembang untuk menunjang transformasi seluruh sekolah menjadi e-learning / e-school.
  2. Ubah isi mata pelajaran TIK menjadi penunjang explorasi pengetahuan siswa. Dengan kondisi yang ada di sekolah terutama di daerah, tidak mungkin kita mengandalkan guru-guru mata pelajaran normal untuk membantu explorasi pengetahuan berbasis TIK. Saran saya, ubah isi TIK dari skill menggunakan komputer menjadi keterampilan untuk explorasi pengetahuan, seperti, simulasi berbagai bidang ilmu, akses ke e-library, online learning menggunakan moodle, dll.
  3. Berdayakan guru TIK agar mendukung explorasi pengetahuan & e-learning berbasis open source. Proses transformasi sekolah menjadi sekolah berbasis TIK hanya di mungkinkan jika kita memberdayakan dengan baik guru TIK. Kita perlu menyiapkan modul sekolah berbasis TIK dan Training of Trainer bagi para guru TIK bahkan menyekolahkan mereka ke jenjang yang lebih tinggi.
Saya yakin di akhir masa jabatan Pak Nuh sebagai MENDIKNAS akan legowo dan berbesar hati untuk menanamkan fondasi yang kuat dalam dunia pendidikan agar bangsa ini dapat menjadi bangsa yang besar di wilayah Asia Tenggara.
Semoga Allah memberikan kekuatan dan membalas budi baik Pak Nuh.

Wassalam Wr. Wb.


Onno W. Purbo



Oleh sebab itu pak onno sangat menginginkan pergerakan ICT di indonesia lebih maju dan bersaing dengan negara lainnya pada jaman sekarang ini, oleh sebab itu kita semua harus mendukungnya untuk kemajuan bangsa kita sendiri khususnya di Bidang Teknologi Informasi.
Sekian Semoga bermanfaat.



Sumber :  http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/2014/04/30_-_Surat_ke_MENDIKNAS_tentang_Mata_Pelajaran_TIK

2 komentar untuk "Surat Permohonan Onno w. Purbo ke Mendiknas Untuk Kemajuan ICT"