Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Sejarah teknologi informasi dan komunikasi "TIK"

Pada kali ini saya akan membahas mengenai sejarah perkembangaon teknologi informasi. pada dasarnya Ada beberapa tonggak perkembangan teknologi yang secara rill memberikan sumbangan terhadap perkembangan Teknologi informasi dan komunikasi sampai saat ini. yang Pertama yaitu temuan telepon oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1875.

Temuan tersebut kemudian berkembang menjadi pengadaan jaringan komunikasi dengan kabel yang meliputi seluruh daratan di Amerika, bahkan kemudian di ikuti pemasangan kabel komunikasi transatlantik terhadap daratan di amerika tersebut. Jaringan telepon inilah yang merupakan infrastruktur masif pertama yang dibangun manusia untuk komunikasi global secara umumnya.

Memasuki abad ke 20, tepatnya antara tahun 1910 s/d 1920, terciptanya sebuah transmisi suara tanpa kabel melalui siaran radio AM yang pertama kali. Komunikasi suara tanpa kabel inipun segera berkembang pesat. Kemudian di ikuti pula oleh transmisi audio visual tanpa kabel, yang berwujud siaran televisi tepatnya pada tahun 1940an.

Komputer elektronik pertama beroperasi tepatnya pada tahun 1943. Lalu di ikuti oleh tahapan miniaturisasi komponen elektronik melalui penemuan transistor pada tahun 1947 dan rangkaian terpadu (integrasi elecktronik) pada tahun 1957.


Perkembangan teknologi elektronika, yang merupakan cikal bakal Terbentuknya Tknologi informasi dan komunikasi saat ini, mendapatkan momen emasnya pada era Perang Dingin. Persaingan IPTEK antara blok Barat (Amerika Serikat) dan blok Timur (dulu Uni Soviet) justru memacu perkembangan teknologi elektronika lewat upaya miniaturisasi rangkaian elektronik untuk pengendali pesawat ruang angkasa maupun mesin mesin perang. Miniaturisasi komponen elektronik tersebut, melalui penciptaan rangkaian terpadunya, pada puncaknya melahirkan mikroprosesor. Mikroprosesor inilah yang menjadi otak perangkat keras komputer dan terus berevolusi hingga saat ini.

 Perangkat telekomunikasi berkembang sangat pesat saat teknologi digital mulai digunakan menggantikan teknologi analog. Teknologi analog mulai terasa menampakkan batasbatas maksimal peng eksplorasiannya. Digitalisasi perangkat telekomunikasi kemudian berkonvergensi dengan perangkat komputer yang sejak awal merupakan perangkat yang mengadopsi teknologi digital.

Produk hasil konvergensi inilah yang saat ini muncul dalam bentuk telepon seluler atau handphone. Di atas infrastruktur telekomunikasi dan komputasi ini kandungan isi (konten) berupa multimedia mendapatkan tempat yang tepat untuk berkembang. Konvergensi telekomunikasi komputasi multimedia inilah yang menjadi ciri abad ke 21, sebagaimana abad ke 18 dicirikan oleh revolusi industri. Bila revolusi industri menjadikan mesin mesin sebagai pengganti otot manusia, maka revolusi digital (karena konvergensi telekomunikasi  komputasi multimedia terjadi melalui implementasi teknologi digital) menciptakan mesin-mesin yang mengganti (atau setidaknya meningkatkan kemampuan) otak manusia.

Sumber:
wikipedia.com

Posting Komentar untuk "Sejarah teknologi informasi dan komunikasi "TIK""