Pengertian dan Peralatan Media Komunikasi Modern

Media Komunikasi modern adalah suatu alat media yang kita pakai saat ini, sekarang ini sangatlah banyak mengenai media komunikasi modern sebagi alat untuk berkomunikasi untuk contohnya saya akan bahas mengenai peralatan apa saja yang ada dalam media komunikasi modern ini.

Lalu Apa saja media peralatan komunikasi modern ini?

 

a. Telepon

Telepon merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk saling bertukar suara jadi seseorang dapat berintaksi dengan suara secar langsung. pada dasarnya telepon beroperasi dengan menggunakan transmisi sinyal listrik dalam jaringan telepon sehingga memungkinkan pengguna telepon untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya.

Telepon sangat banyak di gunakan pada saat ini, baik pelaku bisnis, remaja, orang tua, maupun anak anak pun sekarang ini sudah banyak yang menggunakan telephone, apalagi jaman sekarang yang sudah bermunculan smartphone berbasis sistem operasi android dan ios sangat membantu sekali, tetapi ada efek negative nya juga tentunya.

b. Pager (Radio Panggil)

Radio panggil lebih dikenal dengan sebutan pager yaitu alat telekomunikasi pribadi untuk menyampaikan dan menerima pesan pendek. Radio panggil numerik satu arah hanya dapat menerima pesan yang terdiri dari beberapa digit saja, khas layaknya sebuah nomor telepon yang digunakan penggunanya untuk menelepon. Radio panggil alphanumerik juga tersedia dengan sistem dua arah dapat mengirim pesan melalui surat elektronik atau SMS (short massage service).

Ada tiga tipe pada sistem radio panggil (pager):
  1. Radio panggil Numerik adalah tipe yang paling tidak rumit. Di dalamnya hanya tersedia urutan angka dan kode-kode untuk memanggil.
  2. Radio panggil Alphanumerik, pada dasarnya sama dengan radio panggil numerik, tetapi kelebihannya terletak pada tersedianya tempat untuk memuat tulisan dan surat elektronik (e-mail) untuk mengirim pesan
  3. Radio panggil Alphanumerik dua arah dapat mengirimkan pesan teks dengan hanya menggunakan tombol yang kecil.

C. Koran (Surat Kabar)

Koran atau surat kabar adalah suatu penerbitan yang ringan dan mudah dibuang, biasanya dicetak pada kertas berbiaya rendah yang disebut kertas koran, yang berisi berita-berita terkini dalam berbagai topik. Topiknya bisa berupa even politik, kriminalitas, olahraga, tajuk rencana, cuaca. Surat kabar juga biasa berisi komik, TTS dan hiburan lainnya.

Koran Juga sangatlah murah untuk masalah biaya pembeliannya, pada saat ini mungki koran sudah jarang diminati, tetapi masih banyak orang yang menggunkan koran untuk melihat erita aupun memasang iklan. ada banyak sekali penerbit Koran di Indonesia, seperti Pikiran Rakyat, Kompas, Detik, Tribun Jabar, Merdeka, dan masih banyak sebagainya.

d. Telegraf

Telegraf merupakan sebuah mesin/alat untuk mengirim dan menerima pesan dari jarak jauh. Kata telegraf yang sering didengar saat ini, secara umum merupakan telegraf elektrik. Telegraf ditemukan oleh seorang warga Amerika Serikat bernama Samuel F.B. Morse bersama dengan asistennya Alexander Bain.
Kode Morse adalah metode dalam pengiriman informasi, dengan menggunakan standard data pengiriman nada atau suara,cahaya dengan membedakan ketukan dash dan dot dari pesan kalimat, kata,huruf, angka dan tanda baca. Kode morse dapat dikirimkan melalui peluit,bendera, cahaya, dan ketukan morse.

e. Televisi

Televisi adalah sebuah alat penangkap siaran bergambar ataupun Vidio yang sring di sebut gambara bergearak. Kata televisi berasal dari kata tele dan vision; yang mempunyai arti masing masing jauh (tele) dan tampak (vision). Jadi televisi berarti tampak atau dapat melihat dari jarak jauh. Penemuan televisi disejajarkan dengan penemuan roda, karena penemuan ini mampu mengubah peradaban dunia. Di Indonesia 'televisi' secara tidak formal disebut dengan TV, tivi, teve atau tipi.

Pada Jaman sekarang Ini Televisi Masih banyak di gunakan dan setiap tahunnya meningkat, tetapi tidak meuntuk kemungkinan dalam masa depan pengguna televisi menurun di karenakan sekarang ini ada media internet yang bisa menonton Televisi secara online.

f. Internet

Secara harfiah, internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.

Untuk Jaman sekarang siapasih yang ga kenal dengan yang namanya internet ini? Mulai ari anak kecilpun sekarang sudah bermain dengan internet, tentunya banyak sekali keunggulan menggunakan internet itu, tetapi di balik keunggulan dan kelebihan pasti ada juga kekurangannya.

g. Faksimil (Fax)

Faksimile atau biasa dikenal dengan faks, berasal dari kata 'fac simile' (make similar) dalam bahasa latin, yang artinya membuat salinan yang sama dengan aslinya. Dalam bidang yang lain, mesin faks juga dapat disebut telecopier. Mesin faks adalah peralatan komunikasi  yang digunakan untuk mengirimkan dokumen dengan menggunakan suatu perangkat yang mampu beroperasi melalui jaringan  telepon dengan hasil yang serupa dengan aslinya.

Faksimile sendiri banyak di gunakan di perusahaan perusahaan besar yang sering mengirimkan dokument dokument penting untuk Keperluan Kerja Mereka, Bukan hanya di perusahaan besar saja. Faksimil Juga banyak di gunakan di perguruan tinggi, universitas, sekolah, dan pemerintahan, karena alat ini sangatlah bergunasekali.

Selain mengirimkan dokumen, mesin faks juga mampu menghantarkan citra foto dengan fasilitas half tone. Mesin faks biasanya terdiri dari modem, mesin fotokopi, alat pemindai gambar, dan alat pencetak data (printer).


h. Radio

Radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik). Gelombang ini melintas dan merambat lewat udara dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut (seperti molekul udara).

Gelombang radio adalah satu bentuk dari radiasi elektromagnetik, dan terbentuk ketika objek bermuatan listrik dimodulasi (dinaikkan frekuensinya) pada frekuensi yang terdapat dalam frekuensi gelombang radio (RF) dalam suatu spektrum elektromagnetik, dan radiasi elektromagnetiknya bergerak dengan cara osilasi elektrik maupun magnetik.

i. Radio Komunikasi

Walkie talkie adalah sebuah alat komunikasi  genggam yang dapat mengkomunikasikan dua orang atau lebih dengan menggunakan gelombang radio. Kebanyakan walkie talkie digunakan untuk melakukan kedua fungsinya yaitu berbicara ataupun mendengar. Walkie Talkie dikenal dengan sebutan Two Way Radio ataupun radio dua arah, yang dapat melakukan pembicaraan dua arah, berbicara dan mendengar lawan bicara secara bergantian. Walkie talkie dapat digunakan dalam jarak 0,5 Km sampai dengan 2,5 Km tanpa menggunakan biaya pulsa seperti menelpon. Walkie talkie merupakan transceiver, yang dikarenakan ia memiliki two way radios tersebut, alat ini memiliki radio transmitter  dan sinyal  penerima komunikasi radio.

j. Telepon Satelit

Telepon satelit adalah suatu layanan telekomunikasi berupa telepon tanpa kabel  yang menempatkan base transceiver station (BTS) nya di udara sehingga memiliki jangkauan lebih luas dibanding telepon berbasis GSM  yang menempatkan BTS-nya di darat. Karena memiliki jangkauan yang luas, telepon satelit dapat digunakan di derah pegunungan, pedalaman hingga di tengah lautan. Berbeda dengan telepon GSM  yang jangkauannya terbatas. Telepon satelit tidak menggunakan infrastruktur  yang ada di bumi  untuk melakukan panggilan.

Telepon satelit dibagi menjadi beberapa jenis, dua di antaranya adalah :
  • Telepon Satelit Genggam
Telepon ini dapat digunakan seperti telepon genggam biasa yang memiliki daerah jangkauan lebih luas namun harus tetap berada di luar ruangan. Digunakan oleh petualang, pertolongan darurat, dan daerah terjadi bencana
  • Telepon Satelit Menetap
Telepon ini mirip dengan telepon rumah dan dapat digunakan di dalam ruangan karena antena telah dipasang di luar ruangan yang terlihat dari langit


0 Response to "Pengertian dan Peralatan Media Komunikasi Modern"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan. dan jangan meninggalkan SPAM

Follow by Email