Pengertian E-Learning / Pembelajaran Elektronik

Monday, July 7, 2014

Pengertian E-Learning / Pembelajaran Elektronik


Teknologi-informasi.- Banyak sekali definisi mengenai E-Learning ini atau dalam bahasa indonesia bisa di artikan dengan pembelajaran Elektronik secara penjelasannya belajar jarak jauh dengan menggunakan media Komputer yang terhubung ke internet.

Pengertian E-Learning
Pengertian E-Learning

Menurut Victoria L Tinio, Misalnya Bahwa E-Learning dapat meliputi berbagai bidang pembelajaran
pada semua tingkatan pendidikan baik Formal Maupun Non Formal yang menggunakan jaringan internet maupun intranet untuk pengantaran bahan ajar, interaksi dan mamfasilitasi para siswa. Untuk bahan pembelajaran kebanyakan sebagian dari prosesnya berlangsung dengan jaringan komputer atau internet sebagai pembelajaran Online.

Tidak hanya itu, adapun Definisi Yang lebih luas di kemukakan pada Working Paper SEAMOLEC, yaitu E-Learning Adalah Pembelajaran dengan memanfaatkan jaringan komputer/internet atau lebih tepatnya pembelajaran melalui jasa Elektronik. Meski ada banyak sekal defini mengenai Pengertian E-Learning ini namun pada dasarnya E-LEarning di setujui bahwa E-Learning tersebut adalah Pembelajaran dengan memanfaatkan Teknologi Elektronik sebagai sarana penyampaiaan dan sumber distribusi Informasi. Di Dalam Definisi di atas Mencakup Siaran Radio maupun Televisi Bukan pada media Internet saja, seperti televisi pendidikana saja adalah salah satu bentuk E-Learning.

Meskipun Radio dan Televisi pendidikan pun merupakan salah satu bentuk E-Learning. Pada Umumnya di sepakati Bahwa E-LearningMencapai Bentuk Puncaknya setelah bersinergi adanya Teknologi Internet.

Internet-based learning atau web-based learning dalam bentuk paling sederhana adalah website yang dimanfaatkan untuk menyajikan materi-materi pembelajaran websites ini sudah banyak di gunakan
di pendidikan pendidikan di dalam negri kita sendiri. Denagan Cara ini memungkinkan pembelajar mengakses sumber belajar yang disediakan oleh narasumber atau fasilitator kapanpun dikehendaki dimanapun berada dengan memanfaatkan Media Internet. Bila diperlukan dapat pula disediakan  mailing list khusus untuk situs pembelajaran tersebut yang berfungsi sebagai forum diskusi.
Fasilitas e-learning yang lengkap disediakan oleh perangkat lunak khusus yang disebut perangkat lunak pengelola pembelajaran atau LMS (learning management system). LMS mutakhir berjalan berbasis teknologi internet sehingga dapat diakses dari manapun selama tersedia akses ke internet.

Fasilitas yang disediakan meliputi pengelolaan siswa atau peserta didik, pengelolaan materi pembelajaran, pengelolaan proses pembelajaran termasuk pengelolaan evaluasi pembelajaran serta pengelolaan komunikasi antara pembelajar dengan fasilitator-fasilitatornya. Fasilitas ini memungkinkan kegiatan belajar dikelola tanpa adanya tatap muka langsung di antara pihak-pihak yang terlibat (administrator, fasilitator, peserta didik atau pembelajar). ‘Kehadiran’ pihak-pihak yang terlibat diwakili oleh e-mail, kanal chatting, atau melalui video conference.

Untuk Tambahan dengan pembelajaran Dengan E-Learning sangat membantu sekali dan memudahkan para narasumber maupun peserta didik belajar dengan enjoy dimanapun mereka berada tidak terbatasi degan jarak Namun di indonesia sendiri Baru sebagian yang memanfaatkan pembelajaran secara E-Learning Tersebut.

Semoga Bermanfaat.

Sumber
www.wikipedia.org

0 komentar :

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan. dan jangan meninggalkan SPAM