Pentingnya Pengaplikasian Etika Engineer dalam Berkarir

Tuesday, September 2, 2014

Pentingnya Pengaplikasian Etika Engineer dalam Berkarir



 Sebagai calon engineer baik apapun jenis ilmu yang akan kita dalami, pasti seluruhnya berhubungan dengan perancangan maupun perekayasaan sesuatu hal sehingga masalah- masalah yang ada di kehidupan manusia dapat teratasi. Engineer memang seharusnya dapat menyelsaikan segala permasalahan di bidangnya dan dapat selalu berinovasi untuk menciptakan karya-karya yangdapat mempermudah kehidupan manusia.

etika engginering
Etika Engeniring
 Dibalik tujuan yang besar sebagai seorang engineer, yaitu sekali lagi adalah meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat, tentunya dibutuhkan suatu pedoman dasar mengenai profesi engineer dimana semua engineer dapat terpaku padanya. Pedoman dasar tersebut biasa disebut “Engineering Ethics” atau Kode Etik Engineer(Etika Engineer).

Sebelum membahas mengenai Etika Engineer lebih jauh, kita harus mengetahui lebih dulu apa sebenarnya definisi dari ‘etika’ itu sendiri. Etika sendiri berasal dari bahasa yunani yaitu ethos yang berarti watak kesusilaan atau adat kebiasaan, dimana etika berkaitan langsung dengan moral. Kita dapat menarik kesimpulan bahwa Etika Engineer adalah suatu acuan dasar(aturan dasar) bagi seluruh engineer dalam melakukan pekerjaannya, mengembangkan ilmu yang dia miliki, dan juga dalam mengimplementasikan ilmunya bagi masyarakat luas. Fungsi utama dari adanya Etika Engineer sudah jelas sebagai pedoman dasar engineer dalam beraktivitas dimana dengan mengerti etika engineer maka seorang engineer akan mengetahui batasan-batasan perilaku apa yang boleh dilakukannya dan juga apa-apa saja yang dilarang untuk dilakukan.

Berdasarkan “Catur Karsa(prinsp dasar) Insinyur Indonesia”, ada empat prinsip dasar etika engineer yaitu mengutamakan keluhuran budi, menggunakan pengetahuan dan kemampuannya untuk kepentingan kesejahteraan manusia, bekerja secara sungguh sungguh untuk kepentingan masyarakat sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya, meningkatkan kompetensi dan martabat berdasarkan keahlian profesional keinsinyuran.


Dengan juga melihat “Sapta Karsa(tujuh tuntunan sikap) Insinyur Indonesia” dapat disimpulkan bahwa sebenarnya tanggung jawab engineer berkaitan dengan keselamatan, integritas, kompetensi, dan kesejahteraan sosial. Keselamatan disini berkaitan dengan keselamatan publik, keselamatan kerjadiri sendiri, dan juga keselamatan para pekerja yang engineer pimpin dalam mengerjakan suatu proyek.

Keselamatan dapat dikatakan hal yang paling utama karena dapat menyang kut dengan nyawa orang
lain, dalam pekerjaan apapun tentunya tidak ada pihak yang ingin mengalami suatu kecelakaan sehingga merugikan dirinya(cacat ataupun kematian) dan juga pekerjaan itu sendiri(biaya yang terbuang dan resiko izin kerja yang dicabut). Integritas engineer maksudnya dalam melakukan pekerjaannya, engineer tidak merekayasa data dan memaparkan segala kelebihan maupun kekurangan  tentang produk yang dihasilkan sesuai fakta. Engineer yang dapat dipercaya tidak akan merugikan tempat dia bekerja dan yang lebih penting tidak membahayakan publik, sebagai contoh apabila seorang  insiyur sipil melebihlebihkan kemampuan gedung yang ia buat padahal kemampua aslinya jauh dibawah itu,  pada saat terjadi musibah maka yang menjadi taruhannya adalah keselamtan publik dan insiyur yang bersangkutan dapat terkena jerat hukum.

Engineer juga harus bekerja sesuai kompetensi yang dimiliki atau sederhananya sesuai ilmu yang dia dalami karena seorang insinyur teknik perminyakan tidak mungkin dipekerjakan untuk membangun sebuah gedung ataupun mendesain sebuah mobil. Terakhir, hal yang juga penting adalah engineer harus selalu belajar dan mengembangkan ilmu dan pengetahua yang ia miliki sehingga ia bisa menghasilkan inovasi-inovasi baru yang dapat berguna bagi kepentingan sosial karena kembali bahwa fungsi engineermemudahkan kehidupan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 




Penulis :  Muhammad Akmal Al Hakim------16413101/12513044
                Institut Teknologi Bandung

0 komentar :

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan. dan jangan meninggalkan SPAM