Cara Dasar membuat materi stand up comedy yang lucu

Tuesday, November 8, 2016

Cara Dasar membuat materi stand up comedy yang lucu


 Banyak orang atau comic pemula seperti saya mencari tahu bagai mana sih cara membuat materi stand up comedy yang lucu? Apalagi orang yang baru pertama kali belajar stand up comedi pasti bakalan cari cari cerita lucu yang ada di internet, tongkrongan kopi aatu pun dari cangehgar ya seperti itulah kurang lebih. Tapi untuk membuat materi stand up comedi itu kita tidak di perbolehkan untuk mengambil materi orang lain apalagi mengambil joke joke kodian yang berada di internet ataupun buku humor, untuk menulis materi stand up comedy itu di perlukan sebuah keresahan, masalah, atau apapun yang mengganggu anda, dan apa yang ingin di sampaikan di atas panggung, itu sebagian dari pengalaman saya semenjak belajar menjadi seorang comic amatiran (Kurang jam terbang).


Cara Dasar membuat materi stand up comedi yang lucu
Cara Dasar membuat materi stand up comedi yang lucu

Untuk Membuat materi stand Up comedi hal yang pertama harus di lakukan adalah mengumpulkan PREMIS bisa dari masalah pribadi, ketakutan ataupun apa. Contohnya :

Misalkan : Saya Sudah tua berumur 84 tidak bisa main bola (Masalah), Pas Nendang takut tulang patah (Ketakutan).  ada keresahannya bisa ketakutan atau masalah, Nanti buat SETUP Berdasarkan pada PrEMIS tapi tergantung kreatifitas juga, Beda Orang beda cara.

Setelah dapat premis kita harus dapat membuat SETUP Dan PUNCLINE Stand Up Comedy, Jadi pada dasarnya dalam 1 (satu) Bit Materi Stand Up Comedy terdapat SETUP Dan PUncliNe. Lantas apakah SETUP Dan PuncliNe Itu?

SETUP : Adalah Kata kata yang tidak lucu sama sekali, tapi ini sangat penting Untunk membangun  sebuah asumsi penonton, jadi dengan SETUP kita harus bisa membangun ASUMSI Penonton terlebih dahulu setelah Asumsi terbangun di patahkan dengan yang namanya PUNCLINE.

PUNCLINE : Adalah bagian yang lucu dari sebuah Joke atau bit stand up comedy, Walupun PUNCLINE merupakan bagian yang LUCU, tapi Puncline tidak akan Bekerja / Lucu jika SETUP tidak dapat membangun ASUMSI Penonton. 

PUNCLINE Biasanya Berupa kejutan atau hal yang tidak terduga pada saat kita Mendegarkan SEbuah SETUP. Dan hasilnya akan menghasilkan tawa.
Sedangkan Untuk Contoh 1 Bit materi Stand up Comedy yang lengkap beserta SETUP Dan PUNCLINE nya Kurang lebih Sebagai berikut : 

Meskipun Sudah Tua yang berumur 84 Tahun, saya masih sanggup Main Bola di lapangan selama 2 X 45 Menit. --> Setup
Sebagai Pemain cadangan --> Punline (Pematahan Asumsi)

Jadi dalam SETUP Tersebut di jelaskan : Bahwa Dia masih kuat main bola selama 2 X 45 Menit walaupun dia sudah aki aki (Kakek kakek) pematahan asumsinya adalah ternyata KUATNYA Dalam BANGKU Cadangan.

Bit di atas saya ambil contoh dari materi IWEL WEL Kalo ga salah, Kurang lebih seperti itu,.

Jadi Kesimpulannya cara dasar membuat materi stand up comedy yang lucu itu adalah dengan cara mengumpulkan premis, Tulis SETUP untuk Membangun Asumsi Penonton Setelah itu patahkan dengan PUNCLINE. Ya walaupun PUNCLINE Itu tidak haru patah “Saya Inget kata kata menurut @Ghilbas” Emang benar sih, Itu tergantung kretif kita aja membuat tawa .
                   Proses Awal Stand Up Comedi Part 1

0 komentar :

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan. dan jangan meninggalkan SPAM