Sejarah dan 7 Tokoh Penting Stand Up Comedy Indonesia

Monday, November 21, 2016

Sejarah dan 7 Tokoh Penting Stand Up Comedy Indonesia


Stand up Comedy akhir akhir ini rame di indonesia sejak dari tahun 2010 semenjak adanya acara Televisi yang menyiarkannya yakni Kompas TV dan Metro Tv, tapi sekarang banyak stasiun televisi yang menyiarkan acara stand up comedy ini, salah satunya ada juga indosiar dengan acara stand up comedy akademi nya, yang berhasil mendongkrak atau memperkenalkan Stand up comedy ke setiap elemen masyarakat pada umumnya, lantas tahukan anda siapa aja yang berperngaruh penting terhadap stand up comedy di indonesia? atau awal mulanya stand up comedy di indonesia berkembang, tentunya ada tokoh tokoh tertentu yang memperkenalkannya.


Sejarah dan 7 Tokoh Penting Stand Up Comedy Indonesia
Tokoh Tokoh sejarah stand up coemedy indonesia


Lantas Siapa saja ke 8 tokoh stand up comedy di indonesia ini? berikut saya lampirkan mengenaii tokoh tokoh yang tidak terlepas dari stand up comedy indoonesia.


1. WarKop 

Ini bukanlah stand up comedy, namun pada awalya ada disini yang menuju stand up comedy di indosia. pada awalnya Dono, Kasino, dan Indro memperkenalkan sebuah komedi dengan ucapan, buka slaptik ataupun gesture tubuh. lah ko warkop sih? bukannya suka main film? ga ada hubungannya sama sekali dengan stand up comedy, warkop sendiri pernah bilang "Panggung adalah hal yang sakral bagi kami" dan setelah saya baca baca dari sejarah, awalnya warkop ini menceritakan hal hal komedi lewat radio, tidak yang seperti saya dan kalian sebelumnya suka muncul di tv main film, ternyata pada awalnya tidak seperti itu. nah setelah main film dan mucul di atas panggung atau di tv itu merupakan perluasan dari kebutuhan pasar akan komedi. jadi kesimpulannya Warkop ini adalah pengenalan  awal mula Konsep Stand up comedy di indonesia

2. Taufik Savalas

Taupik savalas adalah seseoraong komedain yang sering menceritakan hal hal lucu, sendiri seperti anekdot dan lain lain, taufik savalas sudah mulai sendiri berkomedi dengan cerita cerita lucunya, 
Walaupun kenyataannya Taufik Savalas tidaj melakukan stand up comedy hanya joke Telling tetapi dasarnya dari ini. Taufik Savalas membawakan konsep komedi lewat ucapan sama hal nya dengan Warkop namun taufik savalas sendiri di atas panggung sama seperti setand up pada umumnya.


3. Ramon Papana

Ramon Papana adalah pendiri dan pemilik Comedy caffe dari tahun 1997, selain itu juga ramon papana sudah menyediakan panggung dari comedy caffe tersebut sebagai tempat open mic stand up comedy, bisa di bayangkan berapa konsistensi nya ramon papana dari tahun 1997 sampai sekarang yang ingin mengajarkan stand up comedy di indosia, terbukti dari membuatnya buku buku stand up comedy mulai dari buku KITAB SUCI / Kiat Tahap  Awal Stand Up comedy dan sampai buku terbarunya hingga saat ini Buku Besar Stand Up Comedy Indonesia. dan ramon papana juga di juluki sebagai bapak stand up comedy indonesia. 


4. Iwel Wel

Iwel wel pada awalnya menekekuni bidang stand up comedy ini pada tahun 1998, dan akhirnya dia di beri kesempatan untuk stand up comedy di TV Nasional pada tahun 2005, Untuk acara Bintang di RCTI. Dan setelah itu dia menawarkan kepada pihak pihak yang membuat acara bahwa dia sebagai comic stad up comedy. dan setelah itu bermodal rekaman dirinya dia mencari Indra Yudistira ke RCTI Untuk menawarkan dirinya sebagai COMIC Stand up comedy.
Dan pada akhirnya Iwel adalah orang ertama yang benar benar embawa stand up comedy dan penetratif kepada kultur  pop indonesia.


5. Indra Yudhistira

Indra Yudhistira sendiri adalah Kadiv Produksi RCTI Waktu itu, yang menelurkan program TV "Bincang Bintang" dengan Produser bapak Dicky Setiawan. yang pada waktu itu dia adalah seseorang yang pertama kalinya mendaesain acara tersebut dengan stand up comedy dena iwel wel sebagai seroang comicnya. dan kini pada akhirnya indra yudhistira meninggalkan jabatan di RCTI sebagai VP Production dan sekarang bergabng dengan KOMPAS TV sebagai direktur Produksi dan Programming Kompas TV, Dan gia juga mendorong agar ada acara TV yang benar benar tentang stand up comedy. dan acara TV Inilah yang akhirnya membuat boomung stand up comedy di indonesia.


6. AGus Mulyadi

Kotribusi agus mulyadi terhadapa stand up comedy adalah ketika ada acra TV Stand Up comedy Show tayang di Metro TV, Nak kalo Stand Up comedy Kompas tv pada awalnya hanya Ajang pencarian Bakat lewat acaranya stan up comedy insonsia pada kala itu, namun Metro Tv adalah Tv yang benar benarkan menayangkan Show stand up comedy. seperti misalnya acara acara stand up comedy di luar negeri sperti acara "Def Jam" dimana beberapa comic stand up comedy tampil beberapa menit bergantian dengan comic lain pada umumnya. dan agus mulyadi sendiri adalah seorang manager produksi dan kreatif metro TV yaang sudah lama sekali ingin membuat acaran stand up comedy show pada tahun 2010.


7. Raditya dika

Radiya sendiri adalah penulis buku yang laris di pasaran, dan pada saat ini raditya dika mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam stand up comedy Indonsia, radiya dika adalah orang yang sangat aktif dan dia dengan cepat menyebarkan stand up comedy secara luas lewat vidio vidio di youtube milimya bahkan di vidio vidio youtube lainnya salah satunya youtube.com/standupcomedyindo. dan pada saat ini dia adalah orang orang yang pernah belajar tentang stand up comedy. waktu di luar negeri australia lebih tepatnya raditya dika pernah ikutan short course tantang stand up comedy, baham tersebut menjadikan dia menjadi sumber ilmu stand up comedy yang tepat untuk siapapun yang yang belajar.





0 komentar :

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan. dan jangan meninggalkan SPAM