Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

BELAJAR HTML

belajar html

BELAJAR HTML
HTML (Hypertext Markup Language) adalah bahasa program yang digunakan untuk menulis format dokumen yang dapat digunakan dalam Web. Dengan HTML, teks ASCII (file *.txt) dapat dipoles (di-mark-up) dengan kode-kode tertentu yang disebut tag untuk menjadi dokumen HTML (file *.htm atau *.html). Oleh karena itu, untuk membuat dokumen HTML, anda bisa menggunakan semua program teks editor biasa, mulai dari Notepad hingga MS Word. Untuk mudahnya, kita gunakan program Notepad. Bukalah program Notepad. Bila anda belum tahu caranya, klik Start > Programs > Accessories lalu Notepad. Sekarang ikutilah dengan seksama latihan-latihan berikut satu demi satu.
A. PENGENALAN KODE HTML
Dalam program Notepad anda, tulislah seperti ini:
<HTML>
</HTML>
Masing-masing baris di atas disebut tag. Tag adalah kode yang digunakan untuk me-mark-up (memoles) teks ASCII menjadi file HTML. Setiap tag diapit dengan tanda kurung runcing. Ada tag pembuka yaitu <HTML> dan ada tag penutup yaitu </HTML> yang ditandai dengan tanda slash (garis miring) di depan awal tulisannya. Tag di atas memberikan faidah bahwa yang akan ditulis diantara kedua tag tersebut adalah isi dari dokumen HTML. Perlu anda ketahui bahwa tag-tag html dapat ditulis dengan huruf besar ataupun huruf kecil. Artinya, penulisan <HTML> atau <html> atau <Html> sama saja hasilnya. Namun perlu selalu diingat bahwa penulisan tag yang salah meskipun hanya satu karakter akan berpengaruh terhadap dokumen HTML anda, bahkan bisa berakibat dokumen HTML anda tidak bisa ditampilkan dalam browser.
Isi dari dokumen HTML yang sesungguhnya adalah yang ditulis diantara tag <BODY>. Coba tuliskan:
Pemrograman WEB hal 1 dari 27
<HTML>
<BODY>
Tulisan ini akan tampak dalam browser.
</BODY>
</HTML>
Lihatlah hasil karya anda yang pertama!
Tulisan ini akan tampak dalam browser.
Dalam tag BODY ini bisa kita sisipkan bermacam-macam atribut yang akan berpengaruh terhadap format atau tampilan halaman web secara keseluruhan.
Tambahkan atribut BGCOLOR dan TEXT ke dalam tag body sebagai berikut:
<HTML>
<BODY BGCOLOR="yellow" TEXT="red">
Tulisan ini akan tampak dalam browser.
</BODY>
</HTML>
Maka akan tampaklah hasilnya:
Tulisan ini akan tampak dalam browser
Penentuan warna pada HTML bisa dengan nama warna (dalam bahasa Inggris) dan bisa pula dengan kode warna. Kode warna ditulis dalam format heksa #rrggbb. Contoh :
black
#000000
blue
#0000FF
olive
#808000
white
#FFFFFF
fuchsia
#FF00FF
green
#008000
red
#FF0000
gray
#808080
teal
#008080
yellow
#FFFF00
silver
#C0C0C0
navy
#000080
lime
#00FF00
maroon
#800000
purple
#800080
aqua
#00FFFF
Dengan demikian, kode HTML untuk contoh di atas bisa ditulis sebagai berikut:
Pemrograman WEB hal 2 dari 27
<HTML>
<BODY BGCOLOR="#FFFF00" TEXT="#FF0000">
Tulisan ini akan tampak dalam browser.
</BODY>
</HTML>
Sekarang bukalah kembali source code tambahkanlah tag-tag berikut ini:
<HTML>
<HEAD>
<TITLE></TITLE>
</HEAD>
<BODY BGCOLOR="yellow" TEXT="red">
Tulisan ini akan tampak dalam browser.
</BODY>
</HTML>
B. MENGUTAK-ATIK HURUF
Tag-tag ini berfungsi untuk mengubah tipe huruf yaitu menebalkan (bold), membuat tulisan miring (italic) atau memberi garis bawah (underline). Buka lagi program Notepad kemudian tuliskan seperti berikut ini:
<HTML>
<HEAD>
<TITLE>Tipe-tipe Teks</TILE>
</HEAD>
<BODY>
Ada tiga macam tipe tulisan yang paling sering digunakan dalam penulisan dokumen apa saja. Ketiga tipe tersebut ialah tulisan tebal, tulisan miring dan tulisan bergaris bawah. Bisa pula dua tipe huruf dipadukan misalnya tulisan tebal dan miring, tulisan tebal dan bergaris bawah atau tulisan miring dan bergaris bawah. Bahkan bisa pula ketiga
Pemrograman WEB hal 3 dari 27
tipe tulisan tersebut sekaligus bergabung menjadi satu berupa tulisan tebal, miring dan bergaris bawah.
</BODY>
</HTML>
sehingga menjadi seperti ini:
Ada tiga macam tipe tulisan yang paling sering digunakan dalam penulisan dokumen apa saja. Ketiga tipe tersebut ialah tulisan tebal, tulisan miringdan tulisan bergaris bawah. Bisa pula dua tipe huruf dipadukan misalnya tulisan tebal dan miring, tulisan tebal dan bergaris bawah atau tulisan miring dan bergaris bawah. Bahkan bisa pula ketiga tipe tulisan tersebut sekaligus bergabung menjadi satu berupa tulisan tebal, miring dan bergaris bawah.

C. HEADER ATAU KEPALA TULISAN
Untuk menuliskan judul bab atau sub bab. Ada enam tingkatan header mulai dari H1 hingga H6. H1 adalah header yang paling besar dan H6 adalah header yang paling kecil. Coba tulis dalam Notepad anda sebagai berikut:
<HTML><BODY> <H1>Header level 1</H1> <H2>Header level 2</H2> <H3>Header level 3</H3> <H4>Header level 4</H4> <H5>Header level 5</H5> <H6>Header level 6</H6> <HTML><BODY>
Simpanlah dalam format file HTML kemudian buka dalam browser. Hasilnya akan tampak sebagai berikut:
Pemrograman WEB hal 4 dari 27
Header level 1
Header level 2
Header level 3
Header level 4
Header level 5
Header level 6
D. BARIS DAN PARAGRAF
Cobalah membuat tulisan berikut pada Notepad:
<HTML><BODY> Baris pertama Baris kedua Baris ketiga <HTML><BODY>
Simpanlah sebagai file HTML kemudian bukalah dalam browser. Bagaimana hasilnya? Ternyata hasilnya hanya seperti ini:
Baris pertama Baris kedua Baris ketiga.
Kesimpulannya, penekanan tombol Enter tidak menghasilkan baris dalam tampilan browser. Demikianlah sifat penulisan dokumen HTML. Lantas, bagaimana caranya membuat baris? Gunakanlah tag <BR>. Tag ini tidak mempunyai tag penutup. Bukalah source kode file HTML tadi lalu edit seperti berikut:
<HTML><BODY>
Baris pertama
<BR>Baris kedua
<BR>Baris ketiga
</HTML></BODY>
Simpan kemudian lihat hasilnya dengan me-refresh pada browser. Hasilnya kurang lebih akan seperti ini:
Pemrograman WEB hal 5 dari 27
Baris pertama
Baris kedua
Baris ketiga
Membuat baris kalimat, gampang kan ? Tag <BR> tersebut dapat pula digunakan untuk membuat baris kosong, artinya baris yang tidak mempunyai kalimat apa-apa. Editlah sekali lagi source code latih4.htm menjadi seperti ini:
<HTML><BODY>
Baris pertama<BR><BR>Baris kedua kosong, dan ini baris ketiga<BR><BR><BR>Baris keempat dan kelima kosong, dan ini baris keenam
</BODY></HTML>
Simpan lalu refresh sekali lagi maka hasilnya akan seperti ini:
Baris pertama
Baris kedua kosong, dan ini baris ketiga
Baris keempat dan kelima kosong, dan ini baris keenam
Di sini kita lihat bahwa tag <BR> yang ditulis dua kali akan menghasilkan dua baris, demikian seterusnya. Setelah pandai membuat baris, sekarang kita akan belajar membuat paragraf. Perhatikanlah contoh tulisan di bawah ini:
<HTML><BODY>
Paragraf pertama <P>Paragraf kedua <P>Paragraf ketiga
</BODY></HTML>
Bila dilihat dalam browser, hasilnya akan seperti ini:
Paragraf pertama
Paragraf kedua
Pemrograman WEB hal 6 dari 27
Paragraf ketiga

BAB II
BELAJAR PHP

A. MEMBUAT GRAFIK DATA VERTIKAL DENGAN PHP
dengan format Graphic Batang Ini cara bikin grafik sederhana tanpa gambar di PHP, dengan bentuk vertikal pertama kita butuh sql data dari database: bikin database, dengan nama: graph_dbase contoh :
Code:
CREATE TABLE `report_toko` ( `id` int(11) NOT NULL auto_increment, `nama_toko` varchar(255) NOT NULL default '', `laba` int(11) NOT NULL default '0', PRIMARY KEY (`id`) ) ENGINE=MyISAM DEFAULT CHARSET=latin1 AUTO_INCREMENT=5 ; -- -- Dumping data for table `report_toko` -- INSERT INTO `report_toko` VALUES (1, 'Toko A', 100000); INSERT INTO `report_toko` VALUES (2, 'Toko B', 25000); INSERT INTO `report_toko` VALUES (3, 'Toko C', 15000); INSERT INTO `report_toko` VALUES (4, 'Toko D', 5000);
Pemrograman WEB hal 7 dari 27
bikin koneksi :
Code:
$varData = array('localhost', 'root', '', 'graph_dbase'); list($host, $user, $pass, $db) = $varData; $con = mysql_connect($host, $user, $pass); mysql_select_db($db, $con) or die('ERROR DBASE CON');
Pemrograman WEB hal 8 dari 27
<td valign="bottom" title="Nama Toko: <? echo $row['nama_toko']; ?>"><table border=0 cellpadding=0 cellspacing=2> <tr align=center valign=bottom><td style="background-color:#E0F0FF;"><table border=0 cellspacing=0 cellpadding=0 width=100%> <tr align=center><td height=102 valign=bottom nowrap style="color:black;font-family:Arial, Helvetica;font-size:12px;"><? echo $percent; ?> %</td> </tr><tr align=center valign=bottom><td><table border=0 cellspacing=0 cellpadding=0><tr><td style="border:2px outset white;" bgcolor="#A0C0F0" title="<? echo "Rp. ".number_format($graphLineValue,3,"",".").",-".""; ?>"><div style="width:20px; height:<? echo $graphLineValue; ?>px; line-height:1px; font-size:1px;"></div></td></tr></table></td></tr></table></td></tr><tr align=center> <td style="color:#000000;background-color:#FFFFFF;border:2px groove white;font-family:Arial, Helvetica;font-size:12px;" nowrap>&nbsp;<? echo "Rp. ".number_format($graphLineValue,3,"",".").",-".""; ?> &nbsp;</td> </tr><tr><td bgcolor="#C0E0FF" style="color:#000000;background-color:#C0E0FF;border:2px groove white;font-family:Arial, Helvetica;font-size:12px;text-align:center;">&nbsp;<? echo $row['nama_toko']; ?>&nbsp;</td> </tr></table></td> <? } ?> </tr></table> <div style="font-family:'Courier New'; font-size:24px; font-weight:bold; padding-top:20px; text-align:center;"> <? echo "Total Laba = Rp. ".number_format($ttl[ttlLaba],0,"",".").",-".""; ?> </div>
sebagai penentu tinggi dari grafiknya ada pada baris:
Code:
$graphLineValue = round(($row[laba] * 100) / $most_value);
NOTE: round = pembulatan digit angka dibelakang koma sedangkan untuk perhitungan nilai persentasenya ada pada baris:
Code:
$percent = round(($row[laba] * 100) / $ttl[ttlLaba], 2);
jadi kalo di preview di browser, seperti gini:
Pemrograman WEB hal 9 dari 27

B. MENGIRIM EMAIL MASSAL
Pasti anda tidak asing lagi dengan yang namanya email massal. Yah, email massal merupakan metode pengiriman email ke beberapa orang sekaligus.Biasanya Yahoo mail, gmail, dan beberapa web mail lainnya telah menyediakan fitur ini. Bahkan bisa dibilang semuanya pasti sudah menyediakan. Nah, kalau selama ini kita hanya menggunakan fasilitas tersebut, bagaimana jika kita membuatnya sendiri ? Tentu lebih bangga bukan ?
Pertama-tama buat databasenya terlebih dahulu.
CREATE DATABASE `emailmassal` ;
CREATE TABLE `emailmassal`.`email` ( `id` MEDIUMINT( 8 ) NOT NULL AUTO_INCREMENT PRIMARY KEY , `nama` VARCHAR( 50 ) NOT NULL , `email` VARCHAR( 50 ) NOT NULL ) ENGINE = MYISAM INSERT INTO `emailmassal`.`email` ( `id` , `nama` , `email` ) VALUES (
Pemrograman WEB hal 10 dari 27
'1', 'ivan', 'ivan@ilmuwebsite.com' );
Notes : dalam contoh ini, email yang terdapat di database Cuma 1. Anda dapat menambah email-email lain jika mau. :)
config.php
<?php class config { var $host = "localhost"; var $user = "root"; var $pass = ""; var $nama_db = "emailmassal"; // nama database function config() { $this->connect = mysql_connect($this->host,$this->user,$this->pass); $this->select_db = mysql_select_db($this->nama_db); if(!$this->connect) { print "<center>Gagal koneksi dengan PHPmyAdmin.. !<br>Cek kembali nama host, user, dan password anda !</center>"; } } // tutup function config } ?>
Index.php
<?php include("config.php"); ?> <form name="form1" method="post" action="?kirim=mail"> <p> Untuk : <br> <select name="to" id="to"> <?php class daftar extends config { var $sql = "SELECT * FROM email"; function email () { $this->query = mysql_query($this->sql); print "<option value=semua selected=selected>-Semua email-</option>"; while($this->run_query = mysql_fetch_array($this->query)) { print "<option value=".$this->run_query['email'].">".$this->run_query['email']."</option>"; } } // end function email } $p = new daftar(); $p->email();
Pemrograman WEB hal 11 dari 27
?> </select> </p> <p>Subject :<br> <input name="pesan" type="text" id="pesan"> </p> <p>Pesan :<br> <textarea name="pesan" cols="40" rows="5" id="pesan"></textarea> </p> <p> <input type="submit" name="Submit" value="Kirim &gt;&gt;"> </p> </form> <?php if($_GET['kirim']) { class email extends daftar { function kirimmail () { $to = $_POST['to']; $subject = $_POST['subject']; $pesan = $_POST['pesan']; $from = "From: email anda"; // isi dengan email anda if($to == "semua") { $this->query = mysql_query($this->sql); while($this->run_query = mysql_fetch_array($this->query)) { mail($to,$subject,$pesan,$from); } } else { mail($to,$subject,$pesan,$from); } } // end function kirimmail } // end class $m = new email(); $m->kirimmail(); } ?>
Sedikit Penjelasan kode diatas :
Pada class config, kita variabelkan nama host,user,dan pass. Lalu kita konekkan dengan database pada function config. Function config itulah yang dinamakan constructor. Pada index.php, terdapat class daftar extends config, gunanya adalah untuk mengkonekkan dengan database, lalu kita variabelkan $sql yang merupakan perintah query. Lalu perintah query tersebut kita wariskan ke class email. Gunanya adalah agar tidak perlu melakukan penulisan ulang query tersebut.
Pemrograman WEB hal 12 dari 27
C. LEBIH DALAM MENGENAL ARRAY Untuk merepresentasikan sebuah array, kita ambil contoh : $angka = array("Satu", "Dua", "Tiga"); Dari situ timbul pertanyaan-pertanyaan berkenaan dengan array, salah satunya adalah bagaimana caranya mengambil suatu data yang berada dalam array. Dimisalkan yang akan diambil adalah "Dua". Hal yang perlu dilakukan cukup dengan menggunakan nama variable si array tersebut ditambah dengan urutan keberapakah data yang akan diambil nantinya. Maka ... $angka = array("Satu", "Dua", "Tiga"); $ambilarray = $angka[1]; echo $ambilarray ; Yang ditampilkan dalam browser .. Dua Lalu timbul satu pertanyaan lagi, mengapa untuk mengambil data "Dua" itu berada pada urutan ke 1?. Sebagaimana ditampilkan dalam source code $angka[1];. Yup, ini terjadi dikarenakan array itu bermula dari angka 0. Sehingga : "Satu" itu berada pada urutan ke 0 "Dua" itu berada pada urutan ke 1 , sedangkan "Tiga" itu berada pada urutan ke 2 Hmmm... jika ada variabel dalam variabel. Bagaimana dengan array dalam array ? Pastinya inilah yang dinamakan array multidimensi. Penulis tidak akan menjelaskan mengenai array 2 dimensi atau lebih dikarenakan hal ini amat jarang sekali dipakai. Contohnya ...
Pemrograman WEB hal 13 dari 27
$angka = array("Satu", array("Dua","Tiga") , "Empat"); Untuk mengambil nilai dua yang terdapat dalam array tersebut. Cukup dengan memanggil nama variabel arraynya seperti ini : $angka = array("Satu", array("Dua","Tiga") , "Empat"); $ambilarray = $angka[1][0]; echo $ambilarray ; Hasil di browser adalah ... Dua Begitu juga dengan bentuk array yang lain. $angka = array("Satu", "Dua" => "Satu di tambah Satu", "Tiga"); Perhatikan baris "Dua" => "Satu ditambah Satu" ini berarti variabel "Dua" memiliki nilai "Satu ditambah satu", sehingga untuk mengambil nilai yang berada dalam variabel Dua ... $angka = array("Satu", "Dua" => "Satu di tambah Satu", "Tiga"); $nilaidua = $angka['Dua']; echo $nilaidua ; Maka yang akan ditampilkan oleh browser adalah ... Satu ditambah Satu Yup, array memiliki banyak sekali peran dalam web development. Penulis sendiri menggunakan array dalam manajemen artikel., searching database, dan banyak lagi contoh yang lain dimana pentingnya peranan seorang Array. :D~~ Dari situ penulis akan memberikan sebuah contoh dari implementasi array. Untuk implementasi kali ini penulis akan menggunakan array sebagai database penyimpanan kata-kata yang nantinya akan diblokir. Blokir kata dalam komentar dengan Array Sebelumnya buat database komentarnya terlebih dahulu. create database komentar; use komentar; create table komentar( id int(5) primary key auto_increment, penulis varchar(50), email varchar(30), isikomentar text); insert into komentar values('','Al-k','alkemail@gmail.com','Pada dasarnya Ryuzaki itu tidak ganteng'); insert into komentar values('','Al-k','alkemail@gmail.com','Pada dasarnya Ryuzaki manusia juga'); insert into komentar values('','Al-k','alkemail@gmail.com','Pada dasarnya Ryuzaki adalah manusia yang tidak keren huehueue'); Kemudian file config.php, file ini yang menghubungkan antara database dengan webserver apache ...
Pemrograman WEB hal 14 dari 27
<?php $user = "root" ; $passwd = ""; $host = "localhost" ; $koneksi = mysql_connect($host, $user, $passwd) ; mysql_select_db("komentar",$koneksi) or die ("Database tidak bisa dikoneksi"); ?> Selanjutnya file intinya, array.php : <?php require_once "config.php"; $perintah = "select * from komentar order by id desc"; $jalankanperintahnya = mysql_query($perintah); $katayangdiblokir = "keren ganteng"; $potongkata = explode(" ", $katayangdiblokir); $jumlaharray = count($potongkata); if ($_REQUEST['isikomentar'] == "iya" ) { if (ISSET($_POST['isinya'])) { $isikomentarnyaadalah = $_POST['isinya']; $namanya = $_POST['namanya']; $emailnya = $_POST['emailnya']; mysql_query("insert into komentar values ('','$namanya','$emailnya','$isikomentarnyaadalah')"); header ("location: array.php"); } } echo "<b>Komentar :</b><br><hr>"; while ($hasil = mysql_fetch_array($jalankanperintahnya)) { $nama = $hasil['penulis']; $email = $hasil['email']; $komentar = strtolower($hasil['isikomentar']); $isikomentar = explode(" ",$komentar); $arraykomentar = count($isikomentar)."<br>"; $total_loop = $arraykomentar + $jumlaharray ; for($i=0;$i<$jumlaharray;$i++)
Pemrograman WEB hal 15 dari 27
{ if(in_array($potongkata[$i],$isikomentar)) { $komentar = "<font color=red><b>no comment</b></font>" ; } } echo "Nama : $nama <br>"; echo "Email : $email <br>"; echo "Komentar : <br>$komentar <hr>"; } ?> <html><body> <b>Isi Komentar :</b> <table border=0> <form method = 'POST' action = <?php echo "$_SERVER[PHP_SELF]?isikomentar=iya" ; ?> > <tr><td>Nama:</td><td><input type=text name=namanya></td></tr> <tr><td>Email:</td><td><input type=text name=emailnya></td></tr> <tr><td valign=top>Isinya:</td><td><textarea rows=6 cols=40 name=isinya></textarea></td></tr> <tr><td></td><td><input type=submit name=submit value=Kirim style='color: #000000; border: 1px solid #000000; background-color: #DFDFDF'></td></tr> </form></table> </body> </html> Dilangsungkan ke script intinya saja. Perhatikan barisan kalimat ... require_once "config.php"; $perintah = "select * from komentar order by id desc"; $jalankanperintahnya = mysql_query($perintah); :D cukup familiar? yups, dengan memanfaatkan file koneksi antara webserver dengan mysql servernya, yakni file config.php. Lalu tampilkan semua isi dari tabel komentar dan lakukan sorting berdasarkan id yang terakhir kali disimpan dalam database. Kemudian ... $katayangdiblokir = "keren ganteng"; $potongkata = explode(" ", $katayangdiblokir); $jumlaharray = count($potongkata); Database kata yang nantinya akan diblokir disisipkan kedalam variabel $katayangdiblokir. Lalu muncul kembali pertanyaan, mengapa tidak berbentuk seperti ini:
Pemrograman WEB hal 16 dari 27
$katayangdiblokir = array("keren","ganteng"); Karena penulis akan mencoba mengenalkan penggunaan fungsi explode. Explode berfungsi untuk memisahkan suatu string menjadi kumpulan variabel-variabel. explode() yang digunakan dalam implementasi kali ini berfungsi untuk membuat array dengan memisahkan variabel menggunakan spasi. kumpulkan databasenya ... $katayangdiblokir = "keren ganteng"; kemudian pisahkan lalu masukkan ke dalam array $potongkata $potongkata = explode(" ", $katayangdiblokir); Sehingga hasilnya nanti sama dengan $katayangdiblokir = array("keren","ganteng"); Kemudian jumlahkan variabel yang berada dalam array $jumlaharray = count($potongkata); Lalu perhatikan susunan kalimat ini ... if ($_REQUEST['isikomentar'] == "iya" ) { if (ISSET($_POST['isinya'])) { $isikomentarnyaadalah = $_POST['isinya']; $namanya = $_POST['namanya']; $emailnya = $_POST['emailnya']; mysql_query("insert into komentar values ('','$namanya','$emailnya','$isikomentarnyaadalah')"); header ("location: array.php"); } } Sebelum beralih lebih lanjut, coba kita perhatikan form yang dihasilkan dari halaman array.php <form method = 'POST' action = <?php echo "$_SERVER[PHP_SELF]?isikomentar=iya" ; ?> > <tr><td>Nama:</td><td><input type=text name=namanya></td></tr> <tr><td>Email:</td><td><input type=text name=emailnya></td></tr> <tr><td valign=top>Isinya:</td><td><textarea rows=6 cols=40 name=isinya></textarea></td></tr> <tr><td></td><td><input type=submit name=submit value=Kirim style='color: #000000; border: 1px solid #000000; background-color: #DFDFDF'></td></tr> </form> Yang dihasilkan oleh form ini adalah : variabel$POST['namanya']yangdiambildaritextbox"namanya"
Pemrograman WEB hal 17 dari 27
variabel $_POST['emailnya'] yang diambil dari text box "emailnya" kemudian variabel $_POST['isinya'] yang diambil dari text area dan variabel $_REQUEST['isikomentar'] yang dihasilkan dari action si form, dalam hal ini <form method = 'POST' action = <?php echo "$_SERVER[PHP_SELF]?isikomentar=iya" ; ?> > Kita kembali ke baris ini if ($_REQUEST['isikomentar'] == "iya" ) { if (ISSET($_POST['isinya'])) { $isikomentarnyaadalah = $_POST['isinya']; $namanya = $_POST['namanya']; $emailnya = $_POST['emailnya']; mysql_query("insert into komentar values ('','$namanya','$emailnya','$isikomentarnyaadalah')"); header ("location: array.php"); } } ketika user telah selesai mengisi komentar if ($_REQUEST['isikomentar'] == "iya" ) dan apabila user telah mempost ( me-submit ) komentarnya if (ISSET($_POST['isinya'])) maka kenalkan variabel global $_POST['isinya'] sebagai $isikomentarnyaadalah, kemudian jadikan $_POST['emailnya'] sebagai variabel $emailnya. $isikomentarnyaadalah = $_POST['isinya']; $namanya = $_POST['namanya']; $emailnya = $_POST['emailnya']; kemudian masukkan kedalam database mysql_query("insert into komentar values ('','$namanya','$emailnya','$isikomentarnyaadalah')"); setelah selesai, lakukan redirect ke halaman array.php header ("location: array.php"); sehingga user langsung dapat melihat komentar yang baru saja dimasukkan. Bisa diperhatikan juga kalimat ini while ($hasil = mysql_fetch_array($jalankanperintahnya)) { $nama = $hasil['penulis']; $email=$hasil['email'];
Pemrograman WEB hal 18 dari 27
$komentar = strtolower($hasil['isikomentar']); $isikomentar = explode(" ",$komentar); $arraykomentar = count($isikomentar)."<br>"; $total_loop = $arraykomentar + $jumlaharray ; for ( $i = 0; $i < $jumlaharray ; $i++) { if(in_array($potongkata[$i],$isikomentar)) { $komentar = "<font color=red><b>no comment</b></font>" ; } } echo "Nama : $nama <br>"; echo "Email : $email <br>"; echo "Komentar : <br>$komentar <hr>"; } Penulis ambil kalimat intinya : Selama dalam database masih terdapat record, ambil nilainya dan sisipkan kedalam variabel $hasil while ($hasil = mysql_fetch_array($jalankanperintahnya)) lakukan change case pada isikomentar dalam database menjadi huruf kecil semua ... $komentar = strtolower($hasil['isikomentar']); jadikan array dengan memanfaatkan spasi yang ada $isikomentar = explode(" ",$komentar); Berapakah jumlah variabel yang terdapat dalam array ? $arraykomentar = count($isikomentar)."<br>"; Sebuah baris lagi yang perlu dipahami ... $total_loop = $arraykomentar + $jumlaharray ; ini terjadi dikarenakan adakalanya saat-saat dimana komentar yang dimasukkan oleh user lebih sedikit dari database kata yang akan diblokir, dan seringkali database kata yang diblokir itu lebih sedikit jumlah arraynya dibandingkan komentar yang dimasukkan. Sehingga perlu dijumlahkan antara jumlah array pada komentar yang diblokir dengan jumlah array dari komentar yang dimasukkan. Ini dia kalimat intinya ... for ( $i = 0; $i < $jumlaharray ; $i++) { if(in_array($potongkata[$i],$isikomentar)) {
Pemrograman WEB hal 19 dari 27
$komentar = "<font color=red><b>no comment</b></font>" ; } } lakukan pengulangan sebanyak $jumlaharray kesemuanya. for ( $i = 0; $i < $jumlaharray ; $i++) jika didalam isi komentar terdapat kata-kata yang diblokir. if(in_array($potongkata[$i],$isikomentar)) maka tampilkan komentar yang ada menjadi no comment $komentar = "<font color=red><b>no comment</b></font>" ; selain itu tampilkan seperti adanya. Contoh lain penggunaan fungsi in_array( ) : $buah = array ("Mangga", "Jambu", "Pepaya", "Pisang"); if (in_array ("Jambu", $buah)) { print "Ada buah Jambu euyyy ... "; }Jika terdapat Jambu dalam array buah if (in_array ("Jambu", $buah)) maka tampilkan Ada buah Jambu euyyy ... print "Ada buah Jambu euyyy ... "; Dari situ mungkin anda memiliki ide-ide brilian guna diimplementasikan dalam web anda tentunya. Jadi, silahkan kembangkan imajinasi anda dan tuangkan dalam cangkir source code. :-q
D. MENANGKAP VARIABEL POST
Halo semua, jumpa lagi dengan Phii. Kali ini, Phii akan membahas bagiamana menangkap variabel post pada form buku tamu sederhana agar ketika pengunjung memasukkan data dan ada beberapa data yang tidak valid, pengunjung web kita tidak perlu mengisi ulang dari awal lagi. Bingung? Kira2 begini, misal pengunjung web kita sudah menulis panjang lebar untuk data pesan, tapi kelupaan nulis data email, padahal data email wajib ditulis. Nah, ketika dikirim, proses akan dibatalkan karana ada data yangtidaklengkapdanakanmenampilkankembaliformbukutamuyangkosong.
Pemrograman WEB hal 20 dari 27
Kasihan kan kalo harus nulis lagi, bisa jadi malah pengunjung web kita males n ga jadi nulis buku tamu. sudah cukup jelas? Oke...langsung kita bahas. Mari kita siapkan file2-nya : database create database db_gb ; use db_gb; create table guestbook (id int unsigned not null primary key auto_increment, nama varchar(50) not null, email varchar(100) not null, pesan text not null); file koneksi.php <?php $host="localhost"; $uname="root"; $pass=""; $db="db_gb"; $koneksi=mysql_connect($host,$uname,$pass); mysql_select_db($db,$koneksi); ?> file lihatgb.php <?php $queryGb = mysql_query("select * from guestbook"); $jmlGb = mysql_num_rows($queryGb); if($jmlGb==0) { echo"Data buku tamu masih kosong"; } else { $queryTampil=mysql_query("select * from guestbook order by id desc"); echo"<p>DATA BUKU TAMU<p>"; while($dataGb=mysql_fetch_row($queryTampil)) { echo"<b>$dataGb[1]</b><br>"; echo"".wordwrap($dataGb[3],85,"<br>",1)." "; echo"<hr width=50% align=left>"; } } ?>
file gb.php <?php include'koneksi.php'; if(isset($_POST['kirim']) && ($_POST['kirim']=='Kirim')) { $nama=trim(strip_tags($_POST['nama']));
Pemrograman WEB hal 21 dari 27
$email=trim(strip_tags($_POST['email'])); $pesan=trim(strip_tags($_POST['pesan'])); //validasi form if($nama=='') $error1= "<font color=red>&nbsp;&nbsp;&laquo; Nama belum diisi</font><br>"; if($email=='') $error2= "<font color=red>&nbsp;&nbsp;&laquo; Email belum diisi</font><br>"; if($pesan=='') $error3= "<font color=red>&nbsp;&nbsp;&laquo; Pesan belum diisi</font><br>"; if($email!='') { $polaemail = "^.+@.+\..+$"; //nyontek tutorial validasi email yg ditulis b_scorpio :) $cek=eregi($polaemail,$email); if(!$cek) { $error4="<font color=red>&nbsp;&nbsp;&laquo; Pola email salah</font>"; } } //jika semua data valid if(($nama!='') && ($email!='') && $cek && ($pesan!='')) { //simpan data buku tamu $queryAddGb=mysql_query("insert into guestbook values(NULL,'$nama','$email','$pesan')"); if($queryAddGb) //jika query simpan buku tamu berhasil
Pemrograman WEB hal 22 dari 27
{ //tampilkan pesan berhasil echo"<font color=red><b>Guestbook berhasil disimpan</b></font>"; echo"<meta http-equiv=\"refresh\" content=\"2; url=./gb.php\">"; exit; } else //jika query gagal { //tampilkan pesan gagal echo"<font color=red><b>Data gagal disimpan</b></font>"; echo"<meta http-equiv=\"refresh\" content=\"10; url=./gb.html\">"; exit; } } if(isset($error1) || isset($error2) || isset($error3) || isset($error4)) { //tangkap variabel post untuk menampilkan kembali data yang sudah diisi pada form $ex_nama=trim(strip_tags($_POST['nama'])); $ex_email=trim(strip_tags($_POST['email'])); $ex_pesan=trim(strip_tags($_POST['pesan'])); } } include'lihatgb.php'; //semua value variabel diset kosong jika belum diisi if(empty($ex_nama)) { $ex_nama=''; } if(empty($ex_email)) {
Pemrograman WEB hal 23 dari 27
$ex_email=''; } if(empty($ex_pesan)) { $ex_pesan=''; } ?> <p><br><br>FORM BUKU TAMU <form method="post" action=""> Nama *<br><input type="text" name="nama" size="34" value="<?php echo $ex_nama;?>"><?php if(isset($error1)) //jika data nama kosong { echo $error1; //tampilkan pesan di samping textbox nama } ?><br> Email *<br><input type="text" name="email" size="34" value="<?php echo $ex_email;?>"><?php if(isset($error2)) //jika data email kosong { echo $error2; //tampilkan pesan d isamping textbox email } if(isset($error4)) //jika data email tidak sesuai dengan pola email { echo $error4; //tampilkan pesan di samping textbox email } ?><br> Pesan *<br><textarea name="pesan" rows="8" cols="40"><?php echo $ex_pesan;?></textarea><?php if(isset($error3)) //jika data pesan kosong { echo $error3; //tampilkan pesan di samping textarea pesan }
Pemrograman WEB hal 24 dari 27
?> <br>*) Wajib diisi <br> <input type="reset" value="Reset" name="kosongkan"> <input type="submit" value="Kirim" name="kirim"> </form> Mari dicoba : Jalankan file gb.php Coba isi beberapa data, misal : data nama : Bolang data pesan: Aku senang sekali mengunjungi ilmuwebsite.com, karena disini aku bisa belajar web programming. Untuk para staf, cayoo...jangan pernah bosan berbagi ilmu, agar semakin banyak anak2 bangsa ini yang pinter web programming. Selalu ditunggu artikel2 barunya, n....tetap semangatttttt!!!
Lalu klik Kirim Apa yang terjadi? Si Bolang ini lupa ga masukin data email. Alhasil proses simpan buku tamu ditolak karana data email wajib diisi. Disinilah topik bahasan artikel ini berguna. Yuppp....karena variabel yang sudah diisi telah ditangkap pak polisi, eh...salah, maksudnya ditangkap oleh variabel ex_nama dan ex_pesan, maka ketika form buku tamu ditampilkan kembali, data2 yang sudah diisi tidak kosong tapi sudah terisi oleh data yg sebelumnya sudah dimasukkan. Jadi Si Bolang tinggal mengisi data email saja.
Pemrograman WEB hal 25 dari 27
Coba masukkan data email : bolang@yahoo, lalu klik Kirim Aduh..aduhhhh...Si Bolang ini orangnya kurang teliti sama kaya Phii. Jadi ketika disimpan, lagi2 proses ditolak, karena pola email tidak sesuai dengan pola yang sudah ditentukan. Kali ini variabel yang ditangkap tidak hanya nama dan pesan, tapi juga email. Form yang ditampilkan akan menampilkan data2 yang sudah dimasukkan sebelumnya.
Pemrograman WEB hal 26 dari 27
Kali ini Si Bolang tidak akan melakukan kesalahan input lagi. Si Bolang menambahkan .com pada data email, sehingga data email menjadi bolang@yahoo.com. Lalu klik Kirim. Horeeee....Bolang sukses mengisi form buku tamu.
Pemrograman WEB hal 27 dari 27

Sorry sebelumnya, artikel diatas hanyalah copy paste yang gatau sumbernya dari mana, mahon maklum, itu waktu saya mempunyai blog ini. dan gatau harus ngisi kontent apa. hehe

4 komentar untuk "BELAJAR HTML"

  1. acak-acakan keneh mon..
    dirapikeun deui
    terus pake pemisah kuduna mah..

    BalasHapus
  2. di kumaha keun gi...
    urang teu ngarti lieur kenehhh...
    ngatur na tina naun...

    BalasHapus
  3. mon saya menta posting tentang phootografi hp

    BalasHapus
    Balasan
    1. phothografi hape kumaha kang?
      langsung dari hape sayaatauu kumaha?

      Hapus